5 Cara Mengatasi Laptop yang Lemot Secara Praktis - Blog Oscas Indonesia

Ada file di dalam folder ini yang dapat terhapus otomatis, namun ada juga yang harus dibersihkan secara berkala untuk mencegah penyimpanan laptop terbebani. Untuk menjalankan pembersihannya, ada beberapa aplikasi yang dapat membantu. Seperti aplikasi Disk Cleanup sampai dengan aplikasi yang popular digunakan yaitu CCleaner. Pengguna dapat dengan mudah menemukannya dengan melakukan pencarian pada browser. Cara keempat yang dapat dilakukan untuk mengatasi laptop lemot adalah dengan meningkatkan penyimpanan atau hardisk. Laptop yang menggunakan jenis hardisk HDD biasanya memiliki performa yang lebih lambat jika dibandingkan hardisk SSD. Bagi yang ingin menambah performa laptopnya, cara ini dapat digunakan. Namun, pengguna harus memastikan jika hardisk pengganti cocok dengan spesifikasi laptop. Ini untuk memastikan hardisk dapat berjalan dengan lancar di laptop pengguna dan pemasangan tidak menjadi percuma. Kapasitas RAM yang terbatas dapat menjadi penyebab laptop menjadi lemot. Untuk mengatasi hal ini pengguna dapat meningkatkan kapasitas RAM di laptopnya. Sebaiknya lebih dahulu ketahui spesifikasi RAM yang cocok dengan laptop sebelum mulai membeli RAM tambahan. Agar benar-benar kompatibel dan tidak malah menimbulkan masalah. Lima cara mengatasi laptop yang lemot di atas dapat coba dilakukan guna meningkatkan performa laptop. Sebaiknya lakukan analisa kondisi laptop lebih dahulu guna memastikan treatment mana yang tepat diaplikasikan. Jadi cara mana yang dirasa tepat untuk menyelesaikan masalah laptop yang sedang dihadapi?

Cara mengeceknya bisa dilakukan dengan step ini: Buka File Explorer pada laptop, lalu klik kanan di hard drive bawaan Windows yang disebut This PC (C:), pilih properties. Nanti akan terlihat kapasitas file yang sudah digunakan dan sisanya yang kosong. Sebagai saran, baiknya simpan saja dokumen foto, video atau film kamu melalui hard drive eksternal atau pada perangkat cloud seperti Google Cloud atau iCloud agar laptop tidak lelet. Beber apa aplikasi yang diinstal kerap menyedot memori besar bisa sampai 1 GB bahkan ada yang lebih dari itu. Padahal kapasitas RAM komputernya mungkin hanya 4GB saja, tentu masalah ini akan membuat laptop menjadi lelet karena program yang berjalan menghabiskan semua RAM yang tersisa. Program & Feature. Nantinya akan muncul daftar aplikasi yang bisa kamu hapus dengan mengklik kanan Uninstal aplikasi. Sebenarnya ada solusi lain jika kamu tidak mau menghilangkan aplikasi tersebut di laptop, yakni dengan cara menambah RAM. Namun, sebelum mengaplikasikannya cek dulu apakah perangkat tersebut sudah mendukung penambahan RAM atau tidak?

Laptop gaming murah di atas, tidak akan mengecewakan. Pasalnya, kamu bisa memainkan game apapun di sana tanpa gangguan dan lemot. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengunduh permainan-permainan online maupun offline dengan jumlah yang banyak. Jadi, persiapkan budget-nya sekarang juga. Pengertian dan Contoh Dead Game, Gamer Wajib Tau! Game sudah menjadi bagian d alam kehidupan masyarakat, terlebih di era sekarang, hal tersebut dapat menghasilkan uang. Namun, alat yang kamu gunakan pun haruslah memadai. Nah, jumlah perangkat semacam ini cukup banyak penjualnya dengan harga bervariasi. Semakin mahal harga laptop, maka pastinya spesifikasi produk tersebut juga bagus. Game sudah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat, terlebih di era sekarang, hal tersebut dapat menghasilkan uang. Namun, alat yang kamu gunakan pun haruslah memadai. Dimana tool-nya berbagai macam, termasuk laptop di dalamnya. Adapun laptop untuk bermain game online maupun offline yang worth it adalah sebagai berikut! Dell Alienware X15 R2 merupakan laptop gaming terbaru yang paling high class.

Ini adalah metode standar dari Windows untuk membersihkan laptop dari file sampah yang ada di dalam hardisk. Pastikan anda meluangkan waktu untuk melakukan clean up paling tidak seminggu sekali untuk menjaga performa laptop anda. Tips berikutnya adalah melakukan defragment hardisk secara berkala agar laptop anda tidak lemot. Apa sih defragment dan kenapa kita perlu melakukan defragment pada hardisk? Silahkan baca artikel saya tentang fragmentasi dan defragment hardisk. Seperti saya bilang di atas, startup yang tidak perlu dapat memperlambat booting windows. Untuk mempercepat booting Windows kita perlu mengetahui apakah ada aplikasi yang ikut diload pada saat startup dan membuat kinerja windows menjadi berat sehingga desktop kita menjadi lama munculnya. Ketikan MSCONFIG pada menu RUN atau pencarian aplikasi, lalu perhatikan di tab startup, adakah aplikasi selain driver yang berjalan di sana? Jika ada, dan aplikasi tersebut tidak anda kenali, sebaiknya matikan saja. Kemudian berpindahlah ke tab service, pada tab service, pilih opsi Hide all Microsoft Service agar mencegah anda mematikan service yang dibutuhkan windows untuk beroperasi.

Untuk mengujinya kamu bisa mencoba menginstal aplikasi kamera tambahan seperti ManyCam dan YouCam. Umumnya, jika driver sudah terinstal dengan benar, maka aplikasi yang terinstal akan mendeteksi secara otomatis perangkat webcam atau kamera di laptop. Namun, bisa saja aplikasi yang kamu gunakan tidak mendeteksinya, sehingga kamu harus mensetting secara manual. 1. Buka dan login pada aplikasi Zoom. 2. Kemudian buka menu Pengaturan (logo gear) pada sudut kanan atas. 3. Selanjutnya, klik pada menu Video. 4. Pada bagian Camera, silakan pilih kamera laptop atau webcam. 5. Lalu centang opsi HD agar video Zoom lebih jernih. Pastikan juga kamera pada laptop hanya digunakan untuk satu aplikasi. Jadi, jika kamu ingin menggunakan aplikasi seperti Zoom, silakan tutup aplikasi lain yang berhubungan dengan kamera. Di sini, kamu bisa melakukan restart untuk memastikan aplikasi di background sudah tertutup. Kamera di laptop bisa tidak berfungsi karena terdapat permasalahan pada sistem Windows. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba melakukan update Windows ke patch terbaru yang lebih kompatibel dan mungkin menghilangk an bug pada perangkat.