11 Cara supaya Windows 10 tidak Lemot

Jika merasa laptop kalian sudah lemot parah, coba ganti dengan RAM berukuran lebih besar yang disesuaikan dengan kebutuhan kalian sehari-hari. Harddisk drive (HDD) biasa mungkin memang lebih murah, tapi solid-state drive (SSD) bisa membuat proses startup laptop dan proses menjalankan aplikasi menjadi lebih cepat. Pasalnya SSD menggunakan memori Flash yang memiliki kemampuan menulis dan akses lebih cepat dibanding HDD yang menggunakan disk magnetized. Virus, spyware dan malware tidak hanya berbahaya untuk keamanan tapi juga bisa membuat kinerja laptop kalian menjadi lemot. Instal aplikasi antivirus yang terpercaya atau gunakan Windows Defender yang sudah terpasang untuk mengecek jika laptop kalian terkena virus dan melindunginya setiap saat. Cara mengatasi Windows 10 yang lemot adalah dengan mengubah pengaturan daya baterai. Setelah itu klik tanda panah di sebelah kanan untuk menampilkan "additional plans" dan pilih opsi High Performance. Windows 10 memiliki layanan built-in yang b isa menjalankan perawatan sistem rutin seperti defragmenting harddisk, memindai update baru dan mengecek malware. Task seperti ini biasanya berjalan di background, tapi jika kalian merasa ada perubahan di kinerja sistem kalian bisa menjalankannya secara manual. Caranya buka menu Control Panel kemudian pilih menu System and Security. Setelah itu pilih Security and Maintenance, klik tanda panah yang menunjukkan opsi maintenance. Setelah itu klik Start Maintenance. Indra Bekti Tiba-tiba Baca Doa Keluar Rumah, Istri: Mau ke Mana? Dapur Kece di Rumah Tora Sudiro dan Mieke Amalia yang Nyaman Buat Masak! Fans Minta MU Beli Bellingham-Mbappe, Ten Hag: Kamu Punya Uangnya?

Jangan menggunakan flashdisk secara sembarangan pada laptop kamu, yang dimaksud disini adalah jangan sembarangan mencolokkan flashdisk yang sudah terinfeksi virus ke laptop kamu. Penyebab lainnya bisa disebabkan karena banyak program-program yang dijalankan dalam suatu waktu secara bersamaan atau disebut multitasking. Multitasking mengakibatkan kerja komponen utama yang ada di dalam laptop seperti RAM, dan processor menjadi lebih berat. Jika penyebab laptop kamu menjadi lambat disebabkan karena permasalahan tersebut, maka kamu bisa mencoba menjalankan program atau aplikasi satu persatu sehingga kerja RAM atau processor menjadi lebih ringan. Jika kamu memaksakan terus menerus untuk menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu yang bersamaan, maka jangan salahkan jika nantinya laptop menjadi hang atau not responding. Namun berbeda jika kamu memiliki laptop yang berspesifikasi tinggi, misalnya memiliki RAM berkapasitas 8 GB dan menggunakan processor Intel Core i7, mungkin hal ini bukan menjadi masalah besar. Untuk melihat berapa banyak program yang berjalan, kamu bisa lihat di Task Manager.

Penyebab layar laptop berkedip ada berbagai alasannya, kemungkinan besar akibat display driver mengalami masalah. Cara mengatasi layar laptop berkedip atau disebut juga sebagai flickering ini sebenarnya cu kup mudah. Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila laptop mengalami flickering. Karena Anda bisa mengatasinya sendiri di rumah tanpa perlu ke tukang servis. Inilah rangkuman beberapa cara perbaiki layar laptop berkedip kedip di windows semua versi secara lengkap dengan apa saja penyebabnya. Apa Penyebab Layar Laptop Berkedip? Sebelum mengetahui cara mengatasi layar laptop berkedip, ada baiknya Anda mengenal penyebab flickering. Flickering bukanlah hal yang langka terjadi. Umumnya biang permasalahannya terdapat pada display driver dan program yang tidak kompatibel. Atau mungkin bugs pada sistem. Sebelum menginstal program, Anda harus membaca spesifikasi yang dibutuhkan oleh program tersebut. Jika tidak sesuai maka risikonya flickering. Kemungkinan program tersebut tidak sesuai dengan layar laptop Anda. Seperti akibat refresh rate yang rendah atau resolusi layar terlalu kecil. Windows rentan mengalami masalah yang diakibatkan oleh bugs, terutama Windows 10. Tak heran kalau Microsoft s ering melakukan perbaikan dan update terhadap Windows 10 untuk menuntaskan bugs tersebut.

Salah satunya disebabkan karena ketidakmampuan perangkat PC laptop untuk memproses. Akibatnya, ya itu tidak akan merespon. Hal ini terjadi karena banyaknya aplikasi yang berjalan, atau bisa jadi aplikasi yang dijalankan terlalu besar untuk melebihi batas spesifikasi yang disarankan. Ini adalah fitur yang dibangun ke dalam sistem operasi Windows. Safe mode sangat berguna untuk mengatasi semua error yang sering terjadi pada komputer, termasuk masalah hang ini. Tetap tahan tombol Shift dan klik opsi Restart di opsi daya. Cara Masuk ke Konfigurasi BIOS. Terus tekan tombol F2 lalu klik tombol Power. Tekan tombol power dan F2 sampai muncul layar BIOS. Anda akan berhasil masuk ke BIOS. Tunggu sampai benar-benar masuk safe mode, biasanya cara ini cukup efektif untuk mengatasi hang yang terjadi terus menerus. Jika sudah masuk, gunakan sebentar lalu mulai ulang, lihat apakah masalahnya sudah terata si. Selain media penyimpanan, kita juga harus memperhatikan kondisi RAM. Perangkat keras ini berfungsi untuk memproses data sementara sebelum diproses oleh CPU. RAM merupakan jembatan antara media penyimpanan tempat data disimpan dan CPU tempat data akan diproses.

Jakarta - Backup data menggunakan harddisk eksternal merupakan cara yang biasa dilakukan untuk menyimpan cadangan data. Dibanding menyimpan data di cloud, banyak orang lebih memilih untuk menyimpan data mereka di harddisk eksternal karena bisa diakses di mana saja tanpa membutuhkan koneksi internet. Tapi, bagaimana jika suatu saat harddisk eksternal kalian tidak terbaca? Kejadian seperti ini tentu mengesalkan karena kalian akan kesulitan mengakses data yang disimpan dalam harddisk tersebut. Baca juga: Apple Sebar Peringatan untuk Pengguna iPhone 5, Apa Isinya? Tapi jangan khawatir, ada banyak cara untuk mengatasi masalah ini. Jika harddisk eksternal tidak terbaca coba hubungkan ke USB port lain yang ada di perangkat kalian. Kalian juga bisa mencoba menghubungkannya ke laptop atau komputer lain. Kalian juga bisa menghubungkannya ke perangkat dengan sistem operasi berbeda, misalnya jika tidak muncul di PC Windows, coba hubungkan ke Mac. Kadang Windows menghadapi masalah driver yang membuat harddisk eksternal tidak terbaca di File Explorer atau My Computer. Buka menu Start, ketik "Device Manager" dan tekan Enter.