Cara Mempercepat Loading Blog dengan Optimasi Plugin (Javascript dan CSS)

https://projects.co.id/public/browse_services/view/1c3412/jasa-15-backlink-pbn-murah-dofollow-da-50 Atau Anda bisa membeli theme premium murah dari developer theme terpercaya. Plugin adalah bagian dari perangkat lunak termasuk (javacsript dan CSS) yang memiliki berbagai fungsi serta fitur baru yang dapat ditambahkan ke WordPress. Dengan bantuan plugin, pengguna WordPress tidak perlu mempunyai pengetahuan coding untuk menambahkan fitur-fitur baru. Tapi perlu di ingat, terlalu banyak memasang plugin dalam blog WordPress justru akan semakin membuat loading blog menjadi lambat. Untuk jumlah standar penggunaan plugin adalah 15, apabila lebih dari itu bisa dipastikan blog akan semakin lambat untuk diakses. Bagaimana cara mempercepat loading blog apabila memang beberapa plugin memang dibutuhkan? Saya sendiri memasang 36 plugin untuk keperluan blog ini. Percaya atau tidak, plugin adalah salah satu tersangka yang menjadi penyebab loading blog menjadi lambat. Anda juga harus cermat dalam memilih plugin, pilih dan pasang plugin sesuai dengan keperluan saja. Gambar dibawah ini adalah hasil benchmark plugin WordPress yang bisa dijadikan acuan dalam memilih performance dan kinerja plugin. Setelah menentukan dan membandingkan performa plugin yang digunakan, Anda bisa menggunakan beberapa cara mempercepat loading blog dengan mengoptimalkan kinerja plugin.

Bagi Anda yang awan atau pemula, saya lebih menyarankan menggunakan Cloud Hosting atau shared hosting. Karena menurut saya inilah pilihan yang paling tepat. Sara menyarankan berlangganan hosting di Domainesia dengan paket Hosting WordPress. Karena menurut saya di sana merupakan tempat yang bagus dan kecepatannya Stabil. Sekarang Domainesia sudah menggunakan teknologi cloud hosting dan Enterprise-grade NVMe SSD sehingga mampu menunjukkan kecepatan yang lebih tinggi saat memuat halaman situs. Kebanyakan orang menggunakan gambar sebagai penghias artikel atau halaman website-nya. Kalau video kebanyakan menggunakan embed dari Youtube. Kalau kita tidak mengoptimsaikan file gambar, maka akan berpengaruh pada kecepatan situs web Anda. Apalagi website Anda adalah blog tutorial yang memerlukan gambar sebagai media petunjuk tutorial. Cara mengoptimasikan gambar adalah dengan memperkecil ukuran file dan mengubah format gambar yang biasanya JPG dan PNG menjadi .webP. Kenapa harus WebP? simak penjelasan apa itu WebP. Google lebih menyarankan setiap file gambar menggunan ekstensi .webp. Dan menurut saya webp ini memiliki kualitas gambar yang baik walaupun sebenarnya ukuran file gambar sudah kita kompres.

Kecepatan loading dalam sebuah blog atau website merupakan salah satu parameter yang dapat meningkatkan nilai SEO. Selain itu kecepatan loading juga akan membuat pengunjung nyaman jika ingin mengunjungi blog atau situs Anda. Di dalam dunia website, tidak ada yang meragukan nam a WordPress. Sebuah content management system (CMS) besutan Automattic. WordPress adalah platform yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan: dari membuat blog, website bisnis dan banyak jenis website lainnya. Tetapi ada satu hal yang menjadi kelemahan WordPress dan itu terlihat sangat kentara. Yaitu, WordPress dapat dengan mudah menjadi lambat. Tanpa mengambil tindakan pencegahan yang tepat, website Anda dapat menjadi lamban. Website yang lamban dapat mengakibatkan Anda kehilangan pengunjung dan pelanggan secara bersamaan. Website dengan kecepatan loading yang bagus dapat meningkatkap pengalaman pengguna dan meningkatkan pageviews, tentu saja. Halaman yang cepat juga sangat membantu optimasi SEO website WordPress Anda. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang cara mempercepat loading website atau blog yang menggunakan WordPress dengan mudah. Ada bebeberapa teknik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website WordPress Anda.

Jika Anda tidak menyukai peng aturan plugin yang rumit tapi ingin mendapatkan hasil yang maksimal dibanding dengan plugin cache lainnya, maka saya menyarankan untuk menggunakan plugin WP-Rocket. Plugin caching WP-Rocket memang tidak gratis tapi memiliki kelebihan yang sangat luar biasa, karena ini premium maka tidak perlu diragukan lagi bahwa plugin caching ini memang benar-benar bekerja dengan baik dan mudah digunakan. Saya pribadi juga menggunakan plugin ini untuk sistem caching di blog centerklik ini. Anda bisa membaca lebih lengkap di artikel saya WP-Rocket Plugin Cache Terbaik untuk Mempercepat WordPress. Namun, jika Anda melakukan compress image untuk setiap gambar saya yakin anda pasti akan kelelahan, dan sangat memakan waktu. Dan beruntung sekali dengan adanya plugin WP SmushIt yang akan melakukan proses ini untuk semua gambar Anda secara otomatis . Jadi, tidak ada alasan bagi anda untuk tidak menginstal plugin yang satu ini. Ini bukan satu hal tapi benar-benar beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa beban situs Anda dimuat dengan cepat, bagian homepage adalah bagian paling penting dari situs Anda karena pengunjung Anda akan paling sering mengakses dibagian ini.

Wikipedia adalah situs besar yang sangat kaya akan konten. Ada benarnya demikian tapi rumusnya tetap sama, tidak ada sesuatu yang instan, semua membutuhkan proses dan Google tetap menggunakan nilai-nilai algoritmanya. Jawaban mengapa Wikipedia bisa sangat dominan adalah onpage. Wikipedia mengemas onpage dengan sangat bagus dan rapi. Bagus karena relevansinya sangat tinggi. Semua hewan Google (Panda, Penguin, Hummingbird, dll) bisa menghabisi website-website yang katanya menggunakan strategi SEO yang mumpuni, tapi nyatanya Wikipedia tetap bertahan hingga hari ini tak peduli Google mau jungkir balik berkali-kali. Ini menandakan bahwa Wikipedia bermain dengan sangat bersih. Ini bukan cuma tentang backlink. Ada sesuatu yang lebih serius yang harus kamu perhatikan daripada hanya fokus membangun li nk. Mari kita kupas habis bagaimana strategi onpage yang dilakukan oleh Wikipedia. Inilah rahasia yang menjadikan Wikipedia besar seperti hari ini. Ini pula yang membuat orang berbondong-bondong membuat backlink secara sukarela karena menganggap Wikipedia sebagai dalil. Apa yang ada di Wikipedia adalah data yang tidak bisa dibantah, semacam itu.