7 Cara Mengatasi Laptop Blank saat Dinyalakan, Terbukti Berhasil!

Solusinya untuk masalah ini yaitu, Anda harus mengganti kabel fleksibel yang terdapat pada laptop Anda. Jika beberapa cara diatas tidak bisa mengatasi laptop blank, maka Anda dapat melakukan install ulang pada windows Anda. Dengan cara menginstall ulang windows merupakan cara yang sangat efektif untuk membuat keadaan laptop menjadi normal kembali. Karena pada saat melakukan install ulang, file pada sistem yang corrupt tersebut dapat dihapus seluruhnya dan kemuadian akan digantikan dengan yang baru. Hal itulah yang membuat laptop menjadi normal kembali. Anda dapat mengikuti tutorial install ulang Windows sesuai dengan versinya seperti 7, 8, 10, dan lain sebagainya. Selain kerusakan pada software, yang membuat laptop menjadi blank dapat disebabkan oleh kerusakan pada hardware. Contohnya yaitu seperti pada RAM. Hal tersebut juga dapat terjadi karena adanya suatu perubahan pada suatu hardware sehingga membawa pengaruh pada proses booting di laptop Anda. 1. Sebelum melakukan pengecekan , Anda harus melepaskan seluruh perangkat yang tengah tersambung di laptop Anda. Contohnya seperti printer, baterai, speaker, power adaptor, hard drive eksternal, mouse dan lain sebagainya. 2. Setelah itu Anda dapat membuka casing belakang pada laptop Anda, Apabila RAM Anda kotor karena usia pemakaiannya, maka Anda wajib untuk membersihkannya. 3. Apabila RAM tersebut telah dibersihkan, tetapi laptop tetap saja mengalami blackscreen , maka dapat dipastikan RAM Anda mengalami kerusakan. Dan Anda harus menggantinya dengan RAM yang baru. Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi laptop blank atau blackscreen. Semoga dengan cara diatas dapat membantu Anda dalam mengatasi kerusakan pada laptop Anda karena blank atau blackscreen. Hanya seseorang yang suka menulis dan tertarik di bidang Teknologi. Dan orang yang selalu percaya akan kata-kata 'Usaha tidak akan mengkhianati Hasil'.

Entah itu untuk mencari data, membaca, apalagi kalau mau mengunduh dan pekerjaan lain yang lebih berat . Kalau sering membuka banyak aplikasi dalam satu waktu sekaligus, maka akan banyak startup program di laptop kita. Inilah yang bikin kerja laptop jadi lambat. Saat dinyalakan laptop jadi butuh waktu booting yang lama banget. Apalagi kalau RAM laptop kamu terbatas, banyaknya startup program bakal makin menghambat kerja prosesor. Kalau laptop lemot terus, apa harus langsung ganti dengan yang baru? Eits, tunggu dulu. Masih ada solusi lebih murah lainnya kok yang bisa kamu coba. Apalagi kalau penyebab lemotnya nggak terlalu berat. Coba deh cek di deretan aplikasi yang ada di laptopmu, pasti ada banyak banget. Apa semuanya memang benar-benar kamu pakai? Kalau ada yang sudah nggak pernah kamu pakai lagi, bahkan ada yang setelah dipasang pertama kali belum pernah dipakai, lebih baik uninstall saja. Ini bakal membantu kerja laptop jadi jauh lebih ringan. Aplikasi disimpan di Drive C. Kalau Drive C sudah terlalu penuh, sistem laptop jadi lama membaca hard disk.

Untuk mengaktifkan kame ra, kamu bisa menekan tombol shortcut kamera pada keyboard laptop. F10. Tetapi beberapa laptop juga tidak memiliki hot key untuk mengaktifkan kamera, sehingga akan otomatis aktif jika membuka aplikasi kamera. Langkah kedua cara mengatasi kamera laptop tidak berfungsi Windows 10 adalah mengatur privasi kamera. Jika kamu ingin menggunakan kamera laptop untuk aplikasi seperti Zoom dan Google Meet, opsi Privasi kamera ini perlu disetting terlebih dahulu. 1. Buka Settings pada Windows. 2. Klik menu Privacy. 3. Lalu pilih menu Camera di sebelah kiri. 4. Aktifkan opsi Allow apps to access your camera. Setelah itu kamu bisa gulir ke bawah pada opsi Choose which apps can access your camera. Di sini kamu dapat menentukan aplikasi mana yang dapat izin untuk mengakses kamera di laptop. Jika kamu mengalami kamera Zoom di laptop tidak berfungsi dan muncul "Zoom is unable to detect a Camera", maka pastikan opsi untuk aplikasi Zoom sudah aktif atau dalam kondisi "On". Driver merupakan softw are berfungsi untuk menghubungkan perangkat keras dengan sistem operasi.

Cara pertama paling efektif yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses startup lapotop anda adalah menghapus dan mematikan program atau aplikasi yang berjalan saat startup. Ini akan mempercepat startup karena menghemat kapasitas memori yang digunakan. Ketik msconfig kemudian tekan enter. Anda akan dihadapkan pada menu window msconfig. Pada tab, plih tab startup. Akan ada banyak pilihan program atau aplikasi yang berjalan saat startup. Hilangkan centang pada daftar aplikasi tersebut, misalnya aplikasi yang ingin dikurangi saat startup adalah Winamp, dropbox dll. Klik OK dan segera restart laptop anda. Klik Start, pilih Control Panel. Masuk ke Control Panel, pilih tab bagian Sound. Pada bagian bawah hilangkan centang pada pilihan enable system startup sound. Cara ini juga bisa mempercepat startup pada laptop. Untuk melakukan ini, terlebih dahulu anda harus login sebagai adiministrator dan melakukan set pe rmissions pada mode off. Setelah itu, langsung saja klik tombol start, cari User Account Control dan klik enter. Saat muncul jendela User Account Control, pilih User Account Control Setting. Anda akan mendapati sebuah slider pada bagian kiri, turun terus slider tersebut hingga paling bawah lalu pilih Never Notify.