Tips Mengatasi Laptop Lemot yang Terbukti Ampuh

JAKARTA,celebrities.id - Cara mengatasi laptop macet alias nge hang saat ini dapat dilakukan dengan cara mudah dan cepat. Tidak perlu berbekal alat rumit, laptop hang dapat diatasi melalui akses kode dan cara rahasia. Membuka aplikasi banyak dan berderet membuat progaram yang sedang dijalankan menjadi terhenti alias crash. Jika itu yang terjadi umumnya laptop mengalami hang. Menekan tombol tersebut secara bersamaan membuat laptop akan memunculkan task manager dan menjalani end task. Kondisi seperti itu membuat semua program akan tertutup secara otomatis dan berfungsi normal kembali. Terkadang laptop tiba-tiba mengalami hang berdampak pada laptop yang overheat. Hal ini bisa terjadi karena kipas laptop mati atau lemah sehingga tidak mampu melawan beban panas berlebih. Jika laptop mengalami kepanasan maka akan mengalami hang. Laptop yang mengalami panas berlebih kerap menjadi alasan mengapa laptop bisa hang bahkan mati sendiri. Overheating disebabkan oleh laptop yang nggak mampu mena han beban panas yang disebabkan oleh program berat atau kipas yang rusak. Laptop yang ngelag bahkan nge hang juga berakibat pada cache yang tersimpan cukup banyak dilaptop kamu. Maka lakukan BIOS Cache untuk mengembalikanya seperti semula. Perlu kamu ketahui bahwa laptop yang mengalami hang bisa jadi terserang oleh virus.hal itu disebabkan karena mengunduh dan menginstall sembarangan aplikasi sehingga terselip suatu virus yang berasal dari sumber ilegal. Maka untuk mengatasi hal tersebut yakni dengan segera menginstal antivirus original pada laptop.

Terlalu banyak aplikasi. Memiliki banyak aplikasi yang memakan banyak memori juga dapat menyebabkan laptop menjadi lemot. Apalagi jika membukanya secara bersamaan, karena aplikasi yang dibuka akan memakan prosesor, memori, dan hardisk. Terkena virus atau malware. Kedua hal ini merupakan musuh utama dari laptop. Virus atau malware bisa datang dari situs-situs tidak aman yang kamu akses atau transfer data dari sembarang sumber. Ditam bah lagi jika antivirus yang tidak pernah diperbaharui, virus atau malware tersebut bisa membuat laptop lemot, bahkan rusak. Umur hardisk yang terlalu tua. Laptop atau perangkat elektronik lainnya memiliki umur atau masa pakai. Jika sudah terlalu lama, kinerja hardisk dan laptop akan berkurang dan menjadi lemot. Laptop yang lemot bukan berarti tidak bisa diatasi. Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat kinerja laptop kembali membaik. Berikut ini adalah 15 cara mengatasi laptop lemot tanpa ribet dan cepat. Jika laptopmu menjadi lemot karena penyimpanan yang terlalu penuh, maka solusinya adalah menghapus file-file yang tersimpan. Kamu bisa menghapus berbagai file yang tidak penting atau yang tidak terpakai.

VIVA - Cara mengatasi laptop hang bisa menggunakan beberapa perangkat aplikasi yang anda instal. Salah satu masalah yang sering kita dapatkan ketika memiliki laptop yaitu hang, apalagi kalau anda memiliki laptop yang sudah jadul. Ketika lepton anda mengalami hang kemungkinan besar laptop anda sedang bermasalah, kalau sudah mengalami hang pada laptop anda semua pekerjaan atau kegiatan yang ada di dalam petop akan terganggu. Ada beberapa penyebab yang yang membuat laptop anda bermasalah, kurangnya memori seperti kapasitas RAM anda yang hanya 4 GB, maka hanya ada beberapa program yang bisa dijalankan. Kalau memaksakan, hasilnya akan terjadi lemot bahkan bisa membuat hang. Bahkan kalau keterusan, akan merusak motherboard laptop Anda. Jika memang masih ada slot untuk menambahkan RAM, Anda bisa menambahkan RAM agar kapasitas bisa menjadi lebih besar. Terlalu banyak program juga termasuk yang membuat laptop anda ngehang. Kadang ada beberapa program yang tidak sedang Anda jalankan tapi berjalan di latar belakang contohnya antivirus.

Laptop dengan windows 10 atau windows 7 kerap kali hang karena adanya system file yang rusak atau hilang. Dari penjelasan di atas, kamu bisa memahami bahwa ada banyak faktor yang mungkin melatarbelakangi kenda la pada laptop kamu tersebut, bukan? Agar kendala ini tidak mengganggu kamu lebih lanjut, cobalah beberapa cara mengatasi laptop hang berikut ini. Terkadang layar laptop blank sejenak karena laptop sedang memproses tugas yang rumit. Karena itu, cobalah tunggu dan beri waktu beberapa menit agar laptop dapat memproses. Cobalah lihat apakah Caps Lock pada laptop kamu bisa dihidupkan dan dimatikan. Jika bisa, maka sebetulnya Windows masih berfungsi, namun ada program lain yang mungkin tidak merespon dan menyebabkan laptop hang. Del untuk membuka Windows Task Manager. Lihat program yang not responding dan pilih end task. Jika langkah-langkah di atas tidak membantu, kamu mungkin harus melakukan reboot ulang laptop kamu. Tekan dan tahan tombol power sampai laptop mati. Setelah laptop dalam keadaan mati, tunggulah beberapa detik baru kemudian hidupkan lagi dan biarkan laptop menyala seperti biasa.

Sepele memang, tapi dampaknya juga lumayan. Sebenarnya kalau cara yang satu ini sih lebi h tepatnya untuk menghindari laptop lemot, apapun Windowsnya. Pasalnya, hardware yang terjaga dan terawat juga berpengaruh pada kinerja laptop agar tetap prima. Jadi, bukan cuma bagian sampah dalam laptop saja yang harus dibersihkan. Kotoran-kotoran yang ada di hardware juga harus dibersihkan. Paling tidak cara ini harus kamu lakukan minimal setahun sekali. Pembersihannya juga sebaiknya total, mulai dari motherboard, kipas sampai penggantian thermal paste-nya juga. Cara mengatasi laptop lemot Windows 7 yang lainnya ialah dengan upgrade kapasitas RAM. Biasanya produsen sudah membekali produk laptopnya dengan kapasitas RAM antara 2 GB hingga 4 GB. Nah, kalau kapasitas RAM sebesar itu masih kurang sanggup untuk menjalankan software yang kamu butuhkan, otomatis akan lemot, kan. Makanya, kamu bisa mengatasinya dengan cara menambahkan kapasitas RAM. Namun sebelum itu, kamu harus pastikan dulu nih tipe RAM-nya apa (apakah SODIMM atau DIMM), kecepatannya, kapasitasnya dan lain-lainnya juga. Bisa juga nih laptop lemot disebabkan oleh harddisk yang bermasalah.