√ Cara Mengatasi Laptop Hang, Macet Total dan Not Responding

Secara umum, virus malware datang dari berbagai macam situs yang biasa kamu kunjungi. Oleh karena itu ada baiknya untuk lebih berhari-hati ketika menggunakan akses internet. Sebab hal tersebut bisa mengakibatkan perangkat jadi terjangkit virus berbahaya malware. Tidak heran kalau sedikit saja orang paham akan cara mengatasi laptop yang lemot tiba-tiba. Setelah memahami apa penyebabnya, tentu langkah selanjutnya adalah mengetahui cara mengatasi laptop yang lemot. Pada dasarnya proses ini dapat dilakukan dengan mudah balam kamu tidak perlu pergi ke tempat service. Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu penyebab laptop lemot adalah banyaknya aplikasi atau program. Hal tersebut membuat ruang penyimpanan menjadi penuh. Alhasil kinerjanya pun jadi terganggu bahkan terhambat karena Responnya sangat lambat. Salah satu cara mengatasi laptop yang lemot adalah mulailah menyeleksi program ataupun aplikasi yang kamu gunakan. Pilih mana yang secara penggunaan tak terlalu penting atau bahkan tak dipakai lagi. Kemudian hapus terlebih dahulu sampahnya kemudian disusul dengan unsistal program.

Cara mengatasi laptop lemot bisa dilakukan dengan para jasa tukang service PC. Yuk, simak di sini! Perangkat elektronik seperti komputer, laptop dan handphone telah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar kalangan. Komputer dan laptop terutama lebih dibutuhkan, mengingat kepraktisan penggunaan dan fungsinya secara lengkap. Bagi kaum pekerja hingga anak sekolah dan kuliahan, komputer dan laptop adalah wadah untuk mengerjakan segala tugas-tugas. Tapi, laptop atau PC yang digunakan setiap hari performanya perlahan akan semakin menurun alias jadi lemot. Menggunakan laptop atau PC yang lemot juga lama-lama akan semakin menjengkelkan, apalagi jika sedang dikejar deadline. Umumnya, cara mengatasi komputer lemot bisa dengan cara menyesuaikan software yang diinstall dengan spesifikasi hardware yang terpasang. Anda juga dap at menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai, memasang anti-virus, memperhatikan kebersihan perangkat hardware dan sebagainya. Sebagai solusi ada beberapa cara mengatasi laptop atau PC lemot dengan mudah yang bisa Anda coba. Berikut ini penjelasan lengkapnya. Cara mengatasi laptop lemot bisa dilakukan dengan selalu update aplikasi dan sistem operasi yang ada di laptop atau PC kalian.

Kerusakan pada laptop atau komputer Windows 10 tentu saja bisa terjadi kapan saja. Namun biasanya pada tahap awal dari kerusakan laptop ini ditandai dengan laptop yang sudah mulai lemot dan juga sering ngehang. Mungkin anda sendiri merasa jengkel dengan kondisi laptop yang sering ngehang dan ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop ngehang Windows 10 agar masalah laptop ngehang tersebut bisa teratasi. Hal ini karena masalah laptop yang sering ngehang bisa mengganggu aktivitas komputasi anda sehari-hari. Mungkin anda menjadi tidak bisa mengerjakan tugas, menyelesaikan pekerjaan kantor dan beberapa aktivitas komputasi lainnya menjadi terhambat. Terlebih lagi saat anda sedang bekerja menggunakan laptop, namun harus terhambat karena tiba-tiba laptop mengalami not responding dan juga tidak bisa digunakan lagi. Hal tersebut tentu saja benar-benar sangat menyebalkan. Nah pada postingan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai bagaimana sih cara mengatasi laptop ngehang Windows 10 yang paling tepat dan terbukti efektif. Sebelum kita semua mengetahui bagaimana sih cara mengatasi laptop ngehang Windows 10, tentu saja anda harus mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab dari laptop yang sering ngehang.

Maka hapus saja software yang memang kamu tidak perlukan. Contoh yang banyak saya jumpai saat servis laptop pelanggan, mereka banyak sekali software di instal di laptopnya. Paling parah lagi bahkan ada aplikasi yang tidak pernah saya temui sebelumnya. Cara mengatasi laptop lemot paling utama ini perlu kamu terapkan di laptop. Silahkan cek kembali aplikasi y ang sudah kamu instal apakah diperlukan atau tidak. Jika belum berhasil juga, kamu bisa mengikuti langkah selanjutnya dibawah ini. Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah meng-upgrade kapasitas RAM. Cara ini banyak dilakukan kebanyakan orang, karena terbukti setelah menambah kapasitas RAM laptop lebih stabil. Pada umumnya laptop yang tergolong murah biasanya hanya memiliki kapasitas RAM 2-4 Gb. Untuk zaman sekarang kebutuhan laptop biasanya di atas itu, setidaknya kamu membutuhkan kapasitas RAM 8 Gb. Jika kamu mengerti tantang tipe dan kualitas RAM kamu bisa memangnya sendiri. Tapi bila kamu tidak mengerti, pergi saja ke tempat servis untuk meng-upgade RAM. Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah mengganti Hardisk dengan SSD.

Caranya, coba buka 'File Explorer' di laptop, kemudian pilih program atau aplikasi yang sekiranya sudah tak diperlukan lagi. Cara mengatasi laptop lemot tanpa instal ulang berikutnya adalah dengan memindahkan sebagian data dan program atau a plikasi ke tempat penyimpanan lain. Jika pengguna masih memiliki sejumlah data yang masih diperlukan atau sayang untuk dihapus, cobalah pnindahkan data tersebut ke hard disk lain atau Cloud. Dengan begitu, kinerja laptop jadi tidak terbebani dan tidak lemot. Beberapa layanan Cloud yang bisa pengguna coba, yaitu iCloud, GoogleDrive, Dropbox, OneDrive, AmazonDrive, MediaFire, dan lainnya. Cache adalah data sementara yang muncul karena laptop tengah digunakan. Namun, cache yang menumpuk dapat membuat RAM dan memori penuh. Pengguna bisa membersihkan cache secara berkala agar tidak menumpuk. Caranya, buka 'File Manager', lalu temukan 'Disk Cleanup' atau mode lain sesuai tipe laptop untuk menghapus cache yang menumpuk. Cara mengatasi laptop ngehang juga bisa dengan menginstal aplikasi antivirus. Sebab, kinerja laptop bisa berjalan lamban karena ada serangan virus ke sistem laptop. Virus bisa berasal dari dokumen maupun situs yang dibuka di laptop. Jika hal ini terjadi, pengguna bisa mengi nstal aplikasi antivirus untuk menghilangkannya, sehingga sistem laptop berjalan lancar lagi. Software versi lama biasanya kurang bisa menunjang berbagai beban laptop, termasuk kinerja untuk menjalankan berbagai program atau aplikasi. Alhasil, laptop jadi lemot. Pengguna bisa memperbaharui atau update software ke versi terbaru agar kinerja laptop jadi lebih cepat. Namun jangan lupa, gunakan software yang sesuai dengan spek laptop, misalnya untuk laptop khusus edit video, desain grafis, hingga gaming. Jika berbagai hal sudah dilakukan, tetapi kinerja laptop tetap lamban, cobalah untuk menambah kapasitas RAM di laptop Anda. Namun jika ternyata masih kurang, coba tambah ke 16GB atau 32GB. Khususnya jika Anda perlu menggunakan program atau aplikasi dengan ukuran besar. Selain menambah RAM, cara mengatasi laptop lemot tanpa instal ulang juga bisa dengan menambah memori SSD, sehingga ruang penyimpanan tidak hanya mengandalkan memori HDD. Namun perlu diketahui, penambahan memori SSD ini me merlukan biaya tambahan.