Riset Kata Kunci, Cara Melakukannya: Panduan Langkah demi Langkah

Penelitian kata kunci adalah proses menemukan frasa pencarian yang dimasukkan orang ke dalam mesin pencari untuk tujuan menyortir pertanyaan atau informasi mereka. Oleh karena itu, kata-kata atau frasa yang dimasukkan oleh pengunjung di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing untuk menemukan jawaban mereka dikenal sebagai kata kunci, permintaan pencarian, atau kata kunci SEO.

Untuk memberi Anda pemahaman yang tepat tentang kata kunci, mari kita ambil contoh. Misalkan San Francisco adalah tempat baru bagi seseorang yang bernama David, dan dia ingin mencari kedai kopi melalui internet. Apa yang akan dia lakukan?

Dia akan mengetik kata kunci seperti "kedai kopi di san francisco", "kedai kopi terbaik di san francisco", "kopi terbaik di San Francisco", "kopi terkenal di francisco", "kedai kopi dengan pemandangan terbaik san francisco" atau "kedai kopi di dekat saya" di mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Untuk membantu David dengan relevansi, otoritas, dan kepercayaan, kedai kopi terkenal di San Francisco melakukan penelitian kata kunci mereka dan membuat produk dan layanan mereka tersedia untuk David. Mengapa Penelitian Kata Kunci harus dilakukan?

Kata kunci adalah satu-satunya cara untuk mengetahui apa yang diketik pelanggan Anda di mesin pencari. Hanya dengan kata kunci yang tepat Anda dapat menjangkau audiens Anda. Tidak ada cara lain untuk membuat kehadiran di mesin pencari dan menarik orang-orang dari niche Anda. Oleh karena itu, untuk menghindari membuat konten tentang topik yang tidak dicari siapa pun, penelitian kata kunci itu penting.

Banyak blogger, pemasar, atau pemilik bisnis tidak memahami relevansi penelitian kata kunci. Dalam satu laporan Ahrefs, terungkap bahwa 90,63% halaman mendapatkan lalu lintas nol dari Google karena tidak memilih kata kunci yang tepat. Oleh karena itu, pemilik situs web harus mengambil penelitian kata kunci sebagai pilar peringkat SEO. Lima metrik signifikan yang perlu Anda pertimbangkan selama penelitian kata kunci Anda:

  • Tren Kata Kunci
  • Volume Pencarian
  • Kesulitan SEO
  • Kesulitan Dibayar
  • Biaya Per Klik (CPC)
  • TIP PRO:

    Anda harus melihat metrik kesulitan berbayar selama penelitian kata kunci Anda. Jika kesulitan yang dibayarkan lebih tinggi, persaingan juga akan lebih tinggi saat menawar pencarian berbayar.  Jika kesulitan halaman kurang, lebih mudah untuk mendapatkan peringkat pencarian organik.

    Metrik lain yang harus Anda pertimbangkan dengan serius saat melakukan penelitian kata kunci adalah biaya per klik (BPK). Ini akan membantu Anda memahami kualitas lalu lintas yang akan Anda kendarai pada kata kunci itu. Kata kunci yang memiliki BPK yang lebih tinggi mengubah pengunjung Anda menjadi pelanggan. Biasanya, kata kunci dengan BPK rendah mendorong lalu lintas yang kurang berkualitas yang juga mengkonversi lebih sedikit.

    Oleh karena itu, titik termanis untuk memilih kata kunci yang tepat harus memiliki lebih sedikit kesulitan SEO dan BPK yang tinggi. Kata kunci ini mendorong lalu lintas besar dan berkualitas di mana bisnis Anda menghasilkan lebih banyak penjualan dan pendapatan.

    Jika Anda mempertimbangkan lima metrik penting dari kata kunci selama penelitian Anda, Anda akan mendapatkan jawaban yang tepat untuk pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk peringkat di mesin pencari?
  • Berapa banyak backlink dan otoritas domain yang kita butuhkan untuk kata kunci khusus ini?
  • Berapa banyak pengunjung yang diperkirakan dapat kita kendarai untuk kata kunci ini?
  • Jenis konten apa yang harus saya buat terkait dengan kata kunci?
  • Lalu lintas seperti apa yang akan dikendarai kata kunci ini? Apakah itu akan membantu dalam menghasilkan prospek, penjualan, atau kesadaran merek?
  • Jenis kata kunci:
  • Kata Kunci Ekor Pendek
  • Kata Kunci Ekor Panjang
  • Kata Kunci Ekor Pendek:

    Frasa pencarian, yang terdiri dari 1 atau 2 kata, dianggap kata kunci ekor pendek. Bahkan peringkat 2-5 kata kunci di mesin pencari dapat mendorong lalu lintas gila dan mengarah ke situs Anda. Pro:

  • Volume pencarian tinggi
  • Klik tinggi dan pengunjung
  • Pengakuan tinggi dan jangkauan yang lebih luas di pasar dengan kesadaran merek yang kuat
  • Peluang lebih tinggi untuk mendapatkan lalu lintas rujukan dan publisitas dari mulut ke mulut
  • Kontra:
  • Sangat kompetitif dan sulit untuk peringkat jika situs web Anda tidak dikenal dengan baik di mesin pencari.
  • Dibutuhkan terlalu banyak waktu untuk peringkat tergantung pada niche Anda.
  • Perlu DA dan backlink yang tinggi
  • Low berniat untuk membeli
  • Tingkat konversi kurang
  • Kata Kunci Ekor Panjang:

    Kata kunci ekor panjang terdiri dari 3-6 frase kata kunci dengan volume pencarian rendah dan kurang populer di seluruh mesin pencari. Kata kunci ini adalah permintaan pencarian yang tepat dan sangat terfokus. Pro:

  • Bekerja sangat baik dalam industri yang sangat kompetitif
  • Didefinisikan dengan baik dan sangat spesifik untuk apa yang Anda tawarkan.
  • Kurang kompetitif dan mudah untuk peringkat
  • Mendorong sejumlah besar lalu lintas
  • Sifat lalu lintas lebih berkualitas, lebih baik ditargetkan yang mengkonversi sangat baik
  • Sempurna untuk Bayar per Klik (PPC)
  • Kontra:
  • Volume lalu lintas kurang karena memiliki hasil pencarian yang sempit
  • Klik rendah dan prospek yang lebih sedikit
  • Banyak perusahaan dan bahkan merek yang lebih menonjol berjuang untuk kata kunci yang sempurna untuk SEO dan PPC. Memilih kata kunci SEO yang salah dapat membawa situs Anda ke rawa-rawa. Ini menghasilkan lalu lintas yang sangat sedikit atau lalu lintas nol.

    Terlepas dari itu, jika situs Anda baru ke ruang angkasa, maka memilih kata kunci SEO ekor pendek seperti BISNIS, PEMASARAN, PERIKLANAN, UANG bisa sangat kompetitif, dan mungkin diperlukan lebih dari satu tahun untuk menentukan peringkat.

    Alih-alih memilih kata kunci SEO ekor pendek yang sangat kompetitif, Anda dapat memilih kata kunci SEO ekor panjang seperti "cara menghasilkan uang," "cara menghasilkan uang secara online dari rumah", atau "cara menghasilkan uang di media sosial". Memilih kata kunci yang kurang kompetitif dengan volume pencarian yang layak dapat diakses oleh peringkat dan dapat mengarahkan lalu lintas yang layak di situs web Anda. Selain itu, hasil kata kunci ekor panjang memiliki tingkat konversi yang tinggi dibandingkan dengan kata kunci ekor pendek.

    Menurut Kurva Permintaan Pencarian, 70% lalu lintas pencarian berasal dari kata kunci ekor panjang. Ini adalah frasa kata 4-6 yang sangat spesifik. 10.000 kata kunci teratas membentuk kurang dari 30% dari keseluruhan lalu lintas pencarian.

    Rahasia menemukan kata kunci ekor panjang yang dapat mendorong banyak lalu lintas

    • Alat Penelitian Kata Kunci SEO

    Alat penelitian kata kunci SEO seperti Semrush, Serpstat, Ahrefs, UberSuggest, Google Keyword Planner, dan Moz adalah beberapa yang terbaik di pasar untuk setiap bisnis. Anda dapat menganalisis volume pencarian, kesulitan SEO, BPK, Tren, Perkiraan kunjungan, Kesulitan Peringkat, dan banyak lagi.

    REKOMENDASI: Semrush adalah alat SEO terbaik dan all-in-one di pasar (Kami memiliki hubungan khusus dengan Semrush untuk Anda, Coba Uji Coba Semrush Pro Gratis 14 Hari Sekarang). Untuk penelitian kata kunci gratis, alat SEO yang paling tepat adalah UberSuggest dan Google Keyword Planner.

    • Google Auto-Complete

    Untuk memilih kata kunci ekor panjang yang sesuai, Google auto-complete adalah salah satu teknik pemasaran favorit saya. Anda mendapatkan semua saran langsung dari Google. Tindakan keseluruhan membutuhkan lebih sedikit usaha, waktu, dan sumber daya. Hal terbaik tentang Google auto-complete adalah - gratis dan memiliki tingkat akurasi yang besar.

    • Jawab Publik

    Seperti namanya, alat kata kunci yang sangat baik ini menghasilkan kata kunci tipe pertanyaan yang dicari orang di internet. Karena sifat kata kunci yang dihasilkan oleh AnswerThePublic dalam bentuk pertanyaan, secara otomatis akan berada dalam frase ekor panjang. Anda juga dapat mengurutkan kata kunci yang dihasilkan ke dalam urutan abjad dan mengunduh data sebagai CSV.

    • LSIGraph

    LSI adalah singkatan dari kata kunci Latent Semantic Indexing. Ini memberi Anda daftar kata kunci terkait yang digunakan mesin pencari untuk sangat memahami konten di halaman web. Menggunakan kata kunci LSI dalam posting blog Anda adalah tingkat BERIKUTNYA dari ON-PAGE SEO (yang akan kita ketahui dalam bab SEO On-Page secara rinci). Singkatnya, alat penelitian kata kunci LSIGraph membantu Anda menghasilkan kata kunci semantik, ekor panjang, dan LSI secara gratis. Selain itu, dengan menggunakan alat SEO ini, Anda dapat menemukan kata kunci ekor panjang yang paling tepat untuk SEO dan PPC.

    • Saran kata kunci dari eBay, Amazon, Wikipedia, Ask.com, dan YouTube

    Banyak kata kunci penting tetapi belum dimanfaatkan sangat sulit ditemukan dari alat kata kunci. Sebagian besar bisnis mendapatkan kesuksesan besar dengan menemukan permata tersembunyi ini karena pesaing Anda umumnya mengabaikannya.

    Tapi bagaimana menemukan kata kunci ini?

    Anda dapat menggunakan alat Soovle. Ini gratis. Soovle mengumpulkan saran kata kunci dari eBay, Amazon, Wikipedia, Ask.com, dan YouTube.