Panduan Menggunakan Ahrefs untuk Menganalisis SEO Situs

Salah satu keterampilan paling penting yang dapat Anda pelajari untuk SEO adalah bagaimana menganalisis SEO dan kesehatan situs saat ini dengan benar menggunakan Ahrefs atau alat penghubung lainnya.

Keterampilan ini berguna untuk:

  • Menentukan langkah selanjutnya untuk proyek Anda sendiri
  • Reverse engineering kompetisi untuk mencoba meniru kesuksesan mereka
  • Mendiagnosis titik lemah di situs klien untuk menentukan tindakan terbaik

Berikut ini adalah transkrip yang diedit dari tutorial video over-the-shoulder tentang cara menggunakan Ahrefs untuk menganalisis apa yang terjadi dengan situs dan itu adalah SEO serta beberapa hal lain yang ingin kami lakukan ketika melihat situs web untuk pertama kalinya.

Jangan ragu untuk membaca bersama, atau jika Anda lebih suka menonton video yang memandu Anda melalui setiap langkah dari proses analisis ini – lewati ke akhir artikel.

Selama Tutorial Ahrefs ini, Perlu diingat

Pertama-tama, ini hanya cara kita melakukan sesuatu. Ini jelas bukan satu-satunya cara untuk menganalisis sebuah situs, itu hanya apa yang bekerja dengan baik bagi kami dan apa yang dapat kami sampaikan kepada Anda.

Selanjutnya, Anda harus mencoba untuk melihat gambaran besar. Tidak ada "satu metrik untuk memerintah semuanya." Kami benar-benar menyatukan banyak hal untuk mencoba memahami situasi pada tingkat yang lebih dalam.

Selanjutnya, untuk benar-benar menganalisis sebuah situs, Anda memerlukan jumlah pengetahuan SEO yang cukup baik. Jika Anda baru, jangan terlalu stres. Hanya mencoba untuk merasakan apa yang kita lakukan, dan hal-hal ini perlahan-lahan akan mulai tenggelam dan membuat sedikit lebih masuk akal bagi Anda dari waktu ke waktu.

Anda juga akan mencatat bahwa tema berulang melalui proses analisis situs adalah bahwa kita terus mencari kealamian. Jika sesuatu tidak terlihat alami, mungkin ada masalah.

Banyak SEO sekarang dan bergerak maju mencoba untuk membuat hal-hal tampak alami. Jika Anda melakukan hal-hal yang bertentangan dengan Ketentuan Layanan Google, Anda harus melakukan semua yang Anda bisa agar terlihat alami. Anda ingin berbaur – tetapi melakukan hal-hal yang lebih baik daripada yang mereka lakukan.

Takeaways utama dari tutorial Ahrefs ini harus:

  • Alat yang kami gunakan dan bagaimana kami menggunakannya
  • Mengapa kita menggunakannya dengan cara itu

Sebelum kita melompat ke Ahrefs, ada beberapa pemeriksaan awal yang selalu kita lakukan.

Kami memeriksa apakah situs diindeks, kami memeriksa apakah situs dihukum, kami memeriksa riwayat situs, dan kami memeriksa usia situs.

Jika situs diindeks, itu di database Google untuk ditampilkan dalam hasil pencarian organik. Jika sebuah situs dihukum, Google telah menghukum situs tersebut karena suatu alasan. Untuk sejarah, kami ingin memastikan bahwa itu tidak spammed, digunakan sebagai PBN, atau apa pun seperti itu.

Kami memeriksa usia situs karena situs yang lebih tua cenderung bereaksi sedikit berbeda dari situs yang lebih muda. Anda bisa lolos dengan sedikit lebih jauh sejauh membangun tautan dengan situs yang lebih tua, dan mereka cenderung bereaksi sedikit lebih cepat juga.

Tak satu pun dari hal-hal ini adalah akhir dari semua analisis. Misalnya, jika sepertinya sebuah situs spammed di masa lalu, itu tidak berarti masalah saat ini tentu karena itu. Kita perlu melihat semuanya untuk membuat penilaian apa pun.

Situs yang kita lihat hari ini adalah Dale Family Law. Kami tidak memiliki afiliasi apa pun dengan situs ini – kami hanya mencari di Google "hukum keluarga Houston" dan memilih hasil organik pertama.

Pertama, kita periksa apakah situs diindeks.

Buka Google dan ketik "site:domain.com." Anda dapat melihat bahwa ada 694 hasil. Itu berarti ada 694 halaman yang diindeks dalam database Google untuk situs web ini sekarang.

Ini adalah salah satu contoh operator pencarian Google, dan ini cukup berguna untuk melakukan berbagai hal. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang ini di artikel kami tentang mendapatkan backlink gratis.

Anda jelas ingin situs diindeks. Jika sebuah situs tidak diindeks, itu tidak dapat ditampilkan untuk hasil organik dan merupakan bendera merah utama bahwa ada sesuatu yang salah.

Selanjutnya, kami memeriksa untuk melihat apakah situs tersebut dihukum.

Teknik ini tidak memberi tahu Anda 100% pasti jika situs tersebut memiliki penalti, itu hanya trik keren yang dapat memberi Anda ide bagus. Google "domain com" – domain tanpa periode.

Anda dapat melihat bahwa situs ini ditampilkan tepat di bagian atas yang merupakan pertanda yang sangat baik. Jika domain memiliki penalti, itu mungkin tidak muncul untuk beberapa halaman.

Jika domain memiliki kata kunci yang kompetitif di dalamnya, mungkin saja itu mungkin muncul sampai halaman kedua atau ketiga. Anda harus mencoba membuat penilaian itu sendiri – tetapi secara umum, Anda ingin situs Anda ditampilkan di halaman 1 (mungkin halaman 2 jika itu adalah nama yang kompetitif).

Perlu menemukan kata kunci yang lebih mudah?  Lihat panduan kami untuk KGR SEO.

Jika Anda berpikir itu memiliki penalti, tempat terbaik untuk memeriksa adalah di Google Search Console. Namun, tidak semua situs akan terhubung ke Search Console (atau Anda mungkin tidak memiliki akses ke sana). Trik ini adalah untuk situasi tersebut (dan untuk hukuman algoritmik).

Kita dapat memeriksa riwayat situs web dengan Wayback Machine di archive.org.

Ini menunjukkan kepada kita garis waktu di mana kita dapat melihat melalui snapshot dari sejarah situs. Klik pada tahun dan kemudian tanggal biru untuk melihat snapshot dari situs pada tanggal tersebut.

Anda dapat melihat bahwa itu terlihat seperti perusahaan yang sama, itu terlihat seperti situs nyata, dan sepertinya tidak digunakan untuk sesuatu yang buruk.

Ini adalah ide yang baik untuk mencari-cari melihat melalui beberapa tanggal secara acak selama bertahun-tahun untuk memastikan itu tidak spammed atau digunakan untuk sesuatu yang mencurigakan.

Jika Anda menemukan sesuatu yang mengganggu dalam sejarah domain, itu bukan akhir dari dunia. Anda hanya perlu mempertimbangkannya ketika membuat penilaian keseluruhan tentang situs tersebut.

Terakhir, pergi ke whois.com untuk memeriksa usia domain.

Anda dapat melihat bahwa situs ini terdaftar pada tanggal 11 Februari 2011. Kami berada di 2019 sekarang, jadi sekitar 8 tahun. Ini adalah situs yang cukup tua yang umumnya ingin kita lihat.

Cara Menggunakan Ahrefs untuk Analisis SEO

Kami sekarang mendapatkan daging panduan ini, dan kami akan melompat ke Ahrefs untuk benar-benar menganalisis situs ini dan kesehatan SEO saat ini.

Ada alat analisis tautan lain yang dapat Anda gunakan untuk menganalisis situs. Kami menggunakan Ahrefs karena (kami pikir) itu yang terbaik. Ada alat lain di luar sana yang melakukan hal serupa, tetapi tidak ada yang melakukannya dengan cukup baik dalam pengalaman kami.

Jika Anda menggunakan alternatif Ahrefs, sebagian besar dari apa yang kami lakukan masih akan dapat diakses oleh Anda – Anda mungkin harus melakukannya sedikit berbeda.

Halaman gambaran umum adalah halaman pertama yang Anda datangi ketika Anda memasukkan domain Anda ke Ahrefs. Ada banyak hal yang harus dilihat di halaman ini, jadi kita akan melihatnya satu per satu.

Ketika kita masuk ke Ahrefs, hal pertama yang biasanya kita lakukan adalah memastikan bahwa kita melihat versi situs yang tepat.

Kita perlu memeriksa apakah versi WWW atau versi Non-WWW memiliki lebih banyak domain rujukan yang masuk ke sana, dan secara umum kita ingin melihat mana yang memiliki lebih banyak.

Kami memiliki 322 domain rujukan pada versi WWW, dan kami juga memiliki 322 domain rujukan yang masuk ke versi Non-WWW. Untuk situs ini, tidak masalah yang mana yang kita lihat.

Saya tahu bahwa versi WWW adalah salah satu yang diindeks saat ini, jadi saya akan menggunakan yang satu ini. Saat memeriksa domain rujukan mana yang paling sering memberi Anda jawabannya, ada baiknya memastikan bahwa Anda melihat versi yang diindeks (Google situs web dan lihat versi mana yang ditampilkannya).

Ini bisa baik untuk melihat kedua versi dalam beberapa kasus. Bahkan versi yang tidak digunakan bisa berakhir memiliki beberapa spam yang dikirim ke sana, dan itu bisa mempengaruhi situs. Tautan bermanfaat pada versi non-diindeks cenderung masih memiliki beberapa efek juga – meskipun tidak sebanyak itu.

Setelah pemeriksaan indeks, hal pertama yang benar-benar kita lihat adalah UR (URL Rating) dan DR (Domain Rating).

Seperti yang kami katakan sebelumnya, tidak ada satu metrik yang benar-benar dapat memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang sebuah situs, tetapi kami berpikir bahwa metrik Ahrefs cenderung sedikit lebih baik daripada beberapa alat lain (tetapi tetap saja - ambil hal-hal ini dengan sebutir garam).

Pertama, kita punya UR. UR pada dasarnya memberi tahu Anda kekuatan halaman yang sedang Anda lihat. Saat ini kami sedang melihat beranda domain, jadi UR memberi tahu kami kekuatan halaman beranda.

Selanjutnya ada DR. Anda dapat menganggap DR sebagai otoritas atau kekuatan domain secara keseluruhan - termasuk semua halaman di situs web.

Situs ini memiliki UR 31 dan DR 22. Ini bukan metrik tertinggi, tetapi situs ini berperingkat sangat baik di ceruk yang kompetitif.

Meskipun URs dan DC yang lebih tinggi umumnya menunjukkan domain atau halaman memiliki profil backlink berkualitas lebih tinggi, metrik ini sebagian besar untuk melakukan pengamatan cepat. Ada lebih banyak hal yang terjadi di bawah tenda, dan satu-satunya 'metrik' yang benar-benar penting adalah peringkat organik Anda.

Backlink dan Domain Rujukan