Cara mencari & monitor backlink pesaing Anda

Backlink sangat penting untuk SEO. Begitu banyak sehingga mereka tetap menjadi salah satu faktor peringkat teratas dalam algoritma Google pada tahun 2020.

Pikirkan backlink sebagai suara kepercayaan ke situs web Anda dari situs web lain.

Salah satu cara termudah untuk membangun backlink ke situs web Anda adalah dengan mencari situs web yang sudah terhubung ke pesaing Anda. Idenya adalah bahwa jika sebuah situs web terhubung ke pesaing Anda, ada kemungkinan besar mereka akan menautkan kembali ke situs web Anda juga.

Dalam posting ini saya akan memandu Anda melalui proses 5 langkah untuk mencari peluang backlink dengan memantau situs yang terhubung ke pesaing Anda.5 Langkah untuk mencari Backlink Pesaing Anda:

  • Identifikasi pesaing Anda
  • Temukan situs web yang sudah terhubung ke pesaing Anda
  • Memantau backlink pesaing baru secara real-time
  • Pantau penyebutan merek pesaing secara real-time
  • Ubah penyebutan merek menjadi backlink
  • #1. Identifikasi pesaing Anda

    Saat melakukan analisis kompetitif backlink, langkah pertama dalam prosesnya adalah mengidentifikasi pesaing Anda. Dari pengalaman saya mungkin ada hingga dua jenis pesaing utama yang dapat Anda analisis.

  • Pesaing pencarian – Ini adalah peringkat situs web untuk kata kunci yang sama yang Anda targetkan di Google.
  • Pesaing tradisional – Bisnis yang menawarkan barang dan jasa yang sama dengan Anda yang sering berada di lokasi umum yang sama dengan bisnis Anda. Ini adalah saingan bisnis langsung Anda.
  • Pesaing pencarian Anda akan sering terlihat berbeda dari pesaing tradisional Anda, namun mungkin ada beberapa tumpang tindih.

    Mulailah dengan membuat daftar pesaing pencarian Anda dan pesaing tradisional Anda bersama dengan situs web mereka. Kami akan menggunakan daftar ini di bagian selanjutnya dari analisis kami.

    Untuk pesaing pencarian, Anda dapat memilih untuk menganalisis profil backlink mereka melalui pemeriksa backlink baik pada tingkat domain atau tingkat halaman.

    Analisis tautan tingkat domain akan melihat semua backlink yang mengarah ke seluruh domain mereka. Analisis tingkat halaman hanya akan menganalisis satu halaman tertentu di situs web mereka.

    Untuk memutuskan analisis mana yang lebih masuk akal bagi Anda, periksa untuk melihat apakah pesaing Anda memberi peringkat untuk beranda atau halaman tertentu di situs web mereka seperti posting blog atau halaman layanan. #2. Temukan situs yang sudah terhubung ke pesaing Anda

    Salah satu cara terbaik untuk mencari situs web yang sudah terhubung ke pesaing Anda adalah dengan menggunakan alat berpotongan tautan. Alat link-intersect bekerja dengan menganalisis profil backlink dari beberapa pesaing untuk mencari situs web yang saat ini terhubung ke pesaing Anda, tetapi tidak ke situs web Anda.

    Idenya di sini adalah bahwa jika sebuah situs web terhubung ke beberapa pesaing, ada kemungkinan mereka juga akan menautkan ke situs web Anda.

    Ada banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk melakukan link-intersect. Saya telah menyoroti beberapa alat yang lebih populer di bawah ini:

    • Moz Link Intersect
    • Link Ahrefs berpotongan
    • Backlink Gap -Semrush

    Laporan link-intersect sangat mudah dijalankan. Yang Anda butuhkan hanyalah daftar pesaing pencarian yang Anda buat di langkah terakhir selain situs web Anda sendiri.

    • Mulailah dengan memasukkan situs web Anda di bagian atas di mana ia mengatakan "temukan peluang tautan untuk URL ini."
    • Gulir ke bawah ke bagian berikutnya dan masukkan situs web pesaing Anda satu per satu.
    • Satu Anda telah selesai menambahkan semua situs web pesaing yang ingin Anda analisis, klik tombol temukan peluang.
    • Daftar akan dihasilkan dengan semua situs web yang saat ini terhubung ke kedua pesaing Anda tetapi tidak ke situs web Anda.

    Anda kemudian dapat memilih untuk mengekspor situs web ini ke daftar prospeksi ketika Anda siap untuk menjangkau dan meminta tautan kembali ke situs web Anda. #3. Pantau peluang backlink baru secara real-time

    Salah satu cara favorit saya untuk mencari peluang backlink baru adalah dengan memantau backlink pesaing secara real-time.

    Ada dua manfaat utama untuk melakukan ini:

  • Anda dapat melacak membangun tautan saat ini dan strategi PR digital untuk melihat apa yang berhasil untuk pesaing Anda.
  • Anda dapat segera menargetkan situs web yang sama agar backlink tetap kompetitif dalam hasil pencarian.
  • Alat favorit saya untuk memantau peluang backlink secara real-time adalah Buzzsumo.

    Untuk memulai, daftar akun Buzzsumo gratis, login dan dan pergi ke halaman pemantauan.

    Dari sana klik dropdown peringatan di sudut kiri atas dan klik pada backlink. Anda kemudian akan diminta untuk membuat peringatan backlink.

    Mulailah dengan membuat nama untuk peringatan dan tambahkan URL atau domain tertentu yang ingin Anda lacak backlinknya.

    Anda juga memiliki opsi untuk melacak backlink ke halaman tertentu atau halaman apa pun di domain. Yang mana yang Anda pilih dapat bergantung pada apakah Anda melacak backlink tingkat domain atau backlink tingkat halaman.

    Untuk contoh ini kita akan memilih link ke URL yang tepat yang akan menampilkan semua backlink tingkat halaman untuk halaman itu.

    Selanjutnya klik pada filter &pengaturan pemberitahuan dan gulir ke bawah ke bagian tentang bagaimana Anda ingin diberitahu. Saya sarankan memilih pengaturan untuk peringatan email instan setiap kali hasilnya ditemukan. Selesaikan dengan mengklik buat peringatan.

    Anda sekarang akan diberitahu melalui email saat backlink baru muncul untuk pesaing Anda. Pantau penyebutan merek pesaing Anda secara real time

    Melacak penyebutan merek pesaing dapat menjadi cara yang bagus untuk mencari lebih banyak peluang backlink potensial untuk situs web Anda.

    Penyebutan merek pesaing didefinisikan setiap kali merek pesaing Anda disebutkan secara online. Dengan melacak penyebutan ini, Anda dapat mencari situs web yang mencakup pesaing Anda yang dapat Anda targetkan untuk cakupan merek Anda.

    Ada dua alat yang saya sarankan digunakan untuk melacak penyebutan merek pesaing:

  • Buzzsumo
  • Peringatan Google
  • Di atas nama merek pesaing Anda, juga dapat berguna untuk mengatur peringatan untuk layanan bermerek, pendiri perusahaan, CEO serta variasi nama bisnis mereka. Ini akan memungkinkan Anda untuk mencari lebih banyak peluang di mana nama perusahaan langsung tidak disebutkan.

    Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melacak penyebutan merek pesaing di Google Alerts:

  • Masukkan nama merek pesaing Anda yang dikelilingi oleh kutipan di mana ia mengatakan "Buat peringatan tentang." Dengan menggunakan kutipan Anda akan mencari sebutan merek untuk ejaan yang tepat dari nama merek mereka.
  • Pilih frekuensi seberapa sering Anda ingin menerima peringatan ini. Saya suka seperti-itu-terjadi tetapi frekuensi terserah Anda.
  • Pilih bahasa Anda.
  • Pilih wilayah di mana Anda berada.
  • Pilih semua hasil di bawah berapa banyak.
  • Pilih alamat email peringatan Anda harus dikirimkan juga.
  • Klik buat peringatan.
  • Anda sekarang akan diemail setiap kali nama merek pesaing Anda disebutkan secara online. Kami akan membahas bagaimana Anda dapat memanfaatkan penyebutan merek ini untuk peluang backlink di bagian berikut. #5. Mengubah penyebutan merek menjadi backlink

    Jadi sekarang setelah Anda memiliki daftar merek pesaing yang disebutkan, bagaimana Anda bisa mengubahnya menjadi backlink untuk situs web Anda?

  • Mulailah dengan membuat daftar kerja semua penyebutan merek pesaing Anda.
  • Pergi melalui setiap kesempatan untuk melihat apakah merek Anda disebutkan di situs web mereka.
  • Jika ya, lihat dan lihat apakah mereka menautkan kembali ke situs web Anda. Jika mereka, rayakan dan lanjutkan ke kesempatan berikutnya.
  • Jika tidak, hubungi penulis posting atau kontak utama di situs web dan tanyakan apakah mereka bersedia menyertakan tautan kembali ke situs web Anda dengan menyebutkan merek Anda.
  • Jika merek Anda tidak disebutkan di situs web mereka, luangkan waktu untuk memeriksa konteks bagaimana pesaing Anda disebutkan.
  • Jika itu adalah posting yang menyebutkan atau menautkan ke beberapa pesaing, ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk meminta tautan ke situs web Anda.
  • Jika mereka menautkan ke halaman tertentu seperti posting blog pesaing, mungkin ada baiknya melempar sumber daya serupa yang Anda miliki tentang subjek itu.
  • Jika Anda tidak memiliki sesuatu yang serupa, mungkin ada baiknya menginvestasikan waktu untuk menciptakan sumber daya yang lebih baik dan lebih up-to-date yang kemudian dapat Anda minta mereka untuk menutupi dan menautkan kembali.
  • Tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua pendekatan untuk strategi ini. Saran saya adalah mencari tren dalam jenis liputan media yang diterima merek pesaing Anda. Brainstorming cara-cara kreatif untuk mencoba dan mereplikasi strategi mereka dengan membuat konten baru dan menarik di situs web Anda sendiri. Pemikiran Akhir

    5 langkah-proses yang saya uraikan di atas akan memandu Anda untuk mencari dan menganalisis backlink pesaing Anda. Backlink adalah bagian penting dari setiap strategi SEO yang sukses dan berfungsi sebagai faktor peringkat teratas dalam algoritma inti Google.

    Penting untuk secara aktif memantau dan mengejar peluang backlink baru dari pesaing Anda sehingga situs web Anda tetap kompetitif dalam hasil pencarian Google untuk kata kunci yang ingin Anda rangking. Baca lebih lanjut dari blog kami: