Cara Memeriksa Backlink Pesaing dan Apa yang Harus Dilakukan dengan Mereka

Lakukan ini dengan sangat cepat (sederhana tapi membuka mata ... janji):

Cari salah satu kata kunci target Anda di Google.

Sekarang, lihat 10 hasil teratas. Perhatikan baik-baik nama situs web yang terdaftar.

Semua situs tersebut mendapatkan sekitar 70% dari semua klik dari mereka yang mencari kata kunci itu.

Dan apakah Anda tahu mengapa mereka bisa melakukan itu?

Itu karena mereka memiliki lebih banyak backlink berkualitas tinggi daripada orang lain.

Apakah Anda ingin berada di 10 besar juga?

Yang diperlukan hanyalah menganalisis apa yang dilakukan pesaing ini dengan benar di departemen backlink.

Dan hari ini saya akan membantu Anda melakukannya dengan menunjukkan kepada Anda cara memeriksa backlink pesaing menggunakan Monitor Backlinks.

Pada akhir posting ini, Anda akan tahu cara menemukan peluang backlink baru yang akan mendorong situs Anda ke bagian atas mesin pencari.

Mari kita mulai! Cara Mengidentifikasi Pesaing Teratas Anda

Sebelum Anda dapat melacak backlink pesaing Anda, Anda perlu tahu siapa pesaing sejati Anda?

Menurut TheHoth.com, ada empat jenis pesaing:

1. Langsung. Perusahaan yang menawarkan produk dan layanan yang sama dengan Anda.

2. Tidak langsung. Perusahaan yang menjual produk yang sama tetapi juga beroperasi di daerah lain.

3. Dirasakan. Perusahaan yang tidak menawarkan produk yang sama tetapi bersaing untuk basis pelanggan yang sama.

4. SERP. Situs yang peringkat untuk kata kunci Anda ingin peringkat untuk.

Sementara semua jenis pesaing penting, demi peringkat di mesin pencari, satu-satunya yang perlu Anda khawatirkan adalah SERP.

Mereka adalah orang-orang yang secara langsung bersaing dengan Anda untuk berbagi lalu lintas pencarian organik.

Siapa dalam jenis pesaing SERP yang harus Anda lacak untuk tujuan analisis backlink?

Mungkin ada ratusan target potensial.

Bagaimana Anda mempersempitnya menjadi hanya 2-4 pesaing?

Anda hanya fokus pada orang-orang yang secara konsisten peringkat di bagian atas Google.

Para pesaing yang secara teratur peringkat di atas 10 hasil pencarian akan memiliki profil link yang lebih kuat.

Dan Anda ingin menghabiskan waktu Anda menganalisis yang terbaik.

Yang mengatakan, inilah yang harus Anda lakukan untuk menemukan pesaing utama Anda:

Pertama, cari 20-30 kata kunci target terkuat Anda di Google.

Saat Anda melakukan ini, pertahankan penghitungan yang berjalan tentang seberapa sering setiap pesaing muncul dan peringkat mereka untuk kata kunci tertentu.

Ambil hasil ini misalnya:

Saya akan menambahkan yang berikut ke spreadsheet penghitungan saya:

Sekarang, katakanlah hasil selanjutnya terlihat seperti ini:

Saya kemudian akan memodifikasi spreadsheet penghitungan saya sebagai berikut:

Perhatikan bahwa kolom "# of Appearances" untuk Moz.com sekarang memiliki 4 (karena muncul di kedua pencarian dua kali), dan total peringkat 8 (karena peringkat ke-2 dan ke-3 dalam hasil pertama dan 1 dan 2 di yang lain).

Pada akhir penghitungan Anda, temukan 2-4 pesaing teratas yang memiliki:

  • Jumlah penampilan tertinggi dan
  • total peringkat terendah.

Ini akan menjadi pesaing teratas yang akan Anda tambahkan ke Monitor Backlink sehingga Anda dapat mulai melacak dan menganalisis profil tautan mereka. Cara Menambahkan Pesaing untuk Memantau Backlink

Jadi sekarang Anda memiliki 2-4 pesaing teratas Anda.

Langkah selanjutnya adalah menambahkannya ke Monitor Backlink sehingga Anda dapat memeriksa backlink mereka.

Monitor Backlink menawarkan paket keanggotaan yang berbeda yang memungkinkan sejumlah pesaing tertentu ditambahkan ke akun Anda:

  • Paket Startup memungkinkan Anda menambahkan hingga dua pesaing.
  • Rencana Freelancer, Small Business dan Agency memungkinkan Anda menambahkan hingga empat pesaing.

Setelah Anda masuk atau mendaftar (dapatkan uji coba bebas risiko Anda di sini):

Masuk ke modul Tautan Pesaing...

... dan klik tombol "Tambahkan Pesaing":

Selanjutnya, ketik nama domain pesaing yang ingin Anda lacak...

... dan (ini penting) verifikasi ini adalah salah satu pesaing Anda.

(Catatan: Anda dapat mengubah pesaing Anda setiap bulan sekali. Jadi penting bagi Anda untuk menambahkan domain yang tepat untuk pertama kalinya.)

Setelah nama domain dimasukkan, klik "Tambahkan Pesaing Baru:"

Dan hanya itu! Backlink pesaing Anda sekarang akan dilacak oleh Monitor Backlinks.

Dari sini, Anda akan dapat melihat seluruh prasmanan informasi berguna tentang situs pesaing Anda dan backlink masing-masing.

Dan itulah bagian selanjutnya.

Setelah Anda menambahkan pesaing Anda, Anda akan melihatnya tercantum di dasbor utama modul Tautan Pesaing Anda:

Ringkasan ini memberi Anda tampilan snapshot pada hal-hal berikut:

  • Jumlah total backlink
  • Jumlah backlink baru sejak pembaruan terakhir
  • Jumlah total domain unik
  • Jumlah total IP Kelas C yang unik
  • Skor Majestic Trust Flow dan Citation Flow

Kemudian klik pada nama pesaing dan Anda akan dibawa ke daftar backlink mereka:

Di sinilah Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda.

Daftar ini menampilkan setiap backlink baru yang diterima pesaing Anda sejak menambahkannya ke Monitor Backlink.

Tidak hanya itu, tetapi juga memberi Anda hal berikut untuk setiap tautan:

  • Tanggal ditambahkan
  • Halaman penautan (halaman rujukan)
  • Anchor text dan Link To page (halaman target)
  • Status backlink
  • Majestic Trust dan Citation Flows
  • Domain dan IP tingkat atas
  • Jumlah link eksternal pada halaman

Masing-masing metrik ini memberi Anda petunjuk berharga apakah backlink yang dimaksud cukup baik untuk diduplikasi di situs Anda sendiri (saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukan ini hanya dalam waktu satu detik).

Dengan menggunakan fungsi "Urutkan", Anda dapat memesan salah satu kolom ini dengan naik numerik atau nilai turun dan abjad.

Cukup klik judul kolom:

Sekali untuk naik / abjad dan dua kali untuk turun / membalikkan abjad. Cara Menganalisis Backlink Pesaing Anda untuk Dampak Maksimal

Bagaimana cara mendekati semua informasi yang berguna ini?

Hal pertama yang saya sarankan Anda lakukan adalah mengklik tombol "Tampilkan Link Langsung Saja":

Tombol ini secara otomatis menghilangkan tautan dari halaman yang tidak lagi aktif. Lagi pula, kami mencari peluang backlink yang berharga, dan kami tidak bisa mendapatkannya dari situs mati.

Selanjutnya, Anda akan ingin memesan daftar dengan Arus Kepercayaan atau Aliran Kutipan:

Ini akan memesan tautan pesaing dengan kualitas tertinggi, menunjukkan kepada Anda sumber backlink mereka yang paling kuat.

Juga, ingat kita mencari peluang membangun tautan yang unik.

Ini berarti Anda tidak boleh menghabiskan waktu Anda meninjau link dari sumber yang Anda sudah memiliki backlink dari (disebut "backlink umum").

Jadi, untuk saat ini, Anda akan ingin mengabaikan backlink dengan tag "Common Backlink":

Sekarang, saatnya untuk menganalisis backlink individu.

Mari kita lihat bagaimana ini bekerja dalam praktik yang sebenarnya dengan menganalisis beberapa tautan dari daftar pesaing. Contoh 1

Untuk contoh pertama, katakanlah kita menemukan backlink pesaing ini:

Inilah yang bisa kita kumpulkan dari melihat infonya:

  • Halaman penautan adalah tentang blog pemasaran.
  • Tautan backlink ke blog utama pesaing
  • Ini adalah link yang diikuti
  • Trust Flow bagus di 40 (melayang di atas grafik akan menunjukkan skor aktual)
  • Citation Flow adalah 38 (Anda juga dapat melayang di atas yang satu ini)
  • TLD berasal dari Amerika Serikat, yang berarti itu bukan mata rantai asing.
  • Ada sejumlah besar link eksternal (304) pada halaman penautan

Pada pandangan pertama, satu-satunya metrik yang memprihatinkan adalah tautan eksternal yang tinggi, yang bisa menjadi indikator spam.

Tapi link ini pasti layak dipelajari secara langsung.

Jadi kita akan mengklik judul halaman penautan dan dibawa ke halaman ini di MarketingTerms.com dengan backlink:

Segera kita dapat melihat bahwa ini adalah halaman direktori selektif untuk situs terkait pemasaran online.

Dan jika kita mencari anchor text yang digunakan dalam backlink ("Gotch SEO" - gunakan Ctrl +F untuk menemukan), kita akan menemukannya di sini:

Ini adalah backlink yang berharga (jelas dengan melihat informasi dalam daftar backlink kami) dan tautan eksternal seharusnya tidak menjadi perhatian kami karena sifat halaman yang ada di tautan.

Dengan asumsi kita juga berada di ceruk pemasaran online, kita harus menjangkau pemilik atau admin situs ini dan meminta agar kita juga termasuk dalam daftar ini.

Ini dengan sendirinya bisa mencetak backlink yang sangat berharga.

Mari kita lihat satu lagi. Contoh 2

Untuk contoh kedua, katakanlah kita menemukan backlink pesaing ini:

Inilah yang kita perhatikan pada pandangan pertama:

  • Backlink menunjuk ke situs utama pesaing
  • Ini adalah link yang diikuti
  • Skor Trust dan Citation Flow tidak terlalu tinggi
  • TLD berasal dari Amerika Serikat
  • Ada beberapa link eksternal, tetapi tidak terlalu banyak

Mari kita lanjutkan dan kunjungi halaman pengarah:

Oke, jadi sepertinya ini adalah podcast wawancara dengan pesaing yang menyertakan transkrip.

Di mana backlink berada?