Cara Melakukan Riset Kata Kunci Untuk Google Ads

Terakhir Diperbarui pada 6 September 2021

Ada banyak artikel hebat tentang cara melakukan penelitian kata kunci.

Dan memang begitu. Menemukan kata kunci yang tepat bisa sangat berharga bagi bisnis Anda.

Tapi sayangnya, sebagian besar penelitian kata kunci berakhir di spreadsheet yang terlupakan di suatu tempat.

Aku sendiri bersalah atas hal ini. Sering kali saya memulai penelitian tetapi tidak menindaklanjuti di suatu tempat di sepanjang jalan.  Saya bahkan telah menyampaikan laporan penelitian kata kunci kepada klien dan gagal membantu mereka mengambil tindakan berdasarkan temuan tersebut.

Jadi, alih-alih mencoba menggambarkan proses penelitian kata kunci yang sempurna, fokus artikel ini adalah melakukan penelitian kata kunci yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan dan menjalankan kampanye Google Ads Anda.

Untuk membuat pendekatan lebih praktis, saya akan melakukan penelitian kata kunci yang sebenarnya untuk mengatur kampanye Google Ads untuk toko online saya sendiri, Apes In Space.

Mari kita mulai! Penelitian kata kunci untuk Google Ads vs SEO

Seperti yang saya katakan, tujuan untuk artikel ini adalah untuk melakukan penelitian kata kunci yang benar-benar akan Anda gunakan. Untuk melakukan itu saya akan mengambil jalan pintas untuk mempercepat seluruh proses.

Perbedaan yang paling penting dengan sebagian besar artikel di luar sana, adalah bahwa mereka berfokus pada SEO.

Ketika Anda melakukan penelitian kata kunci untuk SEO, Anda mencari kata kunci yang layak menginvestasikan waktu dan sumber daya. Anda mencari kata kunci yang berharga untuk diberi peringkat dan kemudian mencoba mempersempit daftar itu ke yang ada dalam potensi dan sumber daya Anda saat ini.

Jadi dengan SEO, tujuannya adalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin lalu lintas yang relevan ke situs Anda.

Klik Google Ads tidak murah, jadi tidak cukup untuk mendapatkan lalu lintas yang relevan, Anda perlu mendapatkan pembeli ke situs Anda.

Jadi penelitian kata kunci untuk Google Ads bertujuan untuk meneliti subset dari semua kata kunci yang mungkin, yang memiliki ROI potensial tertinggi.

Mari kita lihat beberapa perbedaan antara kata kunci. Berbagai jenis kata kunci

Misalnya di bagian ini, berpura-puralah Anda adalah penjual peralatan audio.

Lihat 4 pencarian yang digunakan seseorang sebelum mereka membeli salah satu produk Anda:

  • Cara kedap suara kamarku
  • Mikrofon
  • Mikrofon terbaik untuk podcasting
  • Mikrofon yeti biru
  • Sekarang mari kita gali sedikit lebih dalam ke masing-masing permintaan pencarian ini.

    Permintaan pencarian # 1: "Cara kedap suara kamar saya"

    Tujuan pengguna: ingin mengurangi gema di sebuah ruangan.

    Kami tidak tahu mengapa, Mungkin itu karena ruangan tidak nyaman, atau karena mereka pernah mendengar orang-orang di telepon bertanya kepada mereka apakah mereka berada di lorong, bukan kantor mereka yang indah. Yang kita tahu adalah mereka ingin tahu cara kedap suara kamar mereka.

    Itu berarti niat pembelian tidak terlalu kuat. Mereka mencoba memahami masalah yang tepat dan belum siap untuk menyelesaikan satu solusi.

    Jadi menampilkan iklan untuk satu produk tertentu tidak akan sangat efektif.

    Berikut adalah apa hasil pencarian terlihat seperti untuk permintaan itu:

    Video besar dan kotak pengetahuan di bawahnya menunjukkan bahwa Google tahu bahwa orang yang mencari permintaan pencarian ini memiliki masalah yang mereka coba selesaikan.

    Ada beberapa Iklan Belanja Google di sidebar tetapi ini cukup luas.

    Permintaan pencarian #2: "mikrofon"

    Setelah berangkat ke YouTube dan menonton beberapa video, objek penelitian kami menjadi jauh lebih pintar tentang akustik. Dia menyadari bahwa dia bisa kedap suara di semua dindingnya dan masih memiliki kualitas audio yang buruk.

    Jadi dia ingin melihat apakah mengubah mikrofonnya benar-benar akan meningkatkan kualitas.

    Pencarian kategori luas ini lebih komersial, diilustrasikan oleh iklan Shopping yang lebih menonjol ditampilkan.

    Tapi hasil # 2 adalah wikipedia, sehingga Google tahu pencari ini masih mencari info.

    Mungkin dia mulai dengan halaman wikipedia untuk menemukan apa karakteristik mikrofon yang baik dan mengapa beberapa murah sementara yang lain mahal.

    Permintaan pencarian # 3: "mikrofon terbaik untuk podcasting"

    Saat meneliti, ia telah menemukan bahwa tidak semua mikrofon sama. Yang untuk penyanyi sangat berbeda dari yang digunakan untuk podcasting, alasan sebenarnya dia mencari di Google.

    Jadi sekarang, dia menggali lebih dalam ke mikrofon podcasting.

    Dalam hasil pencarian organik, Anda dapat melihat banyak daftar, 10 besar, situs ulasan:

    Kata kunci #4: "mikrofon yeti biru"

    Dari pencarian sebelumnya, ia telah belajar banyak tentang mikrofon podcast dan telah memutuskannya.

    Dia ingin mendapatkan mikrofon yeti biru. Sekarang dia ingin menemukan kesepakatan terbaik.

    Dalam hasilnya Anda dapat melihat daftar yang cukup komersial: halaman produk, peringkat bintang, harga, dll.

    Kata kunci dan niat pembelian

    Saya berharap contoh bertele-tele dari bagian sebelumnya benar-benar membuatnya lebih jelas bahwa mungkin ada banyak informasi yang dikemas ke dalam sejumlah kecil kata.

    Sebagian besar kueri penelusuran dapat dibagi lagi sebagai berikut:

  • Informasi: bagaimana, apa, kapan
  • Orienting: terbaik, tinjau, bandingkan, dll.
  • Transaksional: pencarian produk, harga, beli
  • Pelajaran yang paling penting adalah bahwa tidak setiap pencarian memiliki nilai yang sama.

    Pengunjung yang berasal dari permintaan pencarian transaksional akan memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi dan karena itu nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan permintaan pencarian informasi.

    Jadi jika Anda harus membayar untuk setiap klik, masuk akal untuk fokus pada pencarian yang paling berharga.

    Seringkali ada sedikit kesempatan untuk beriklan di kueri informasi di Google Ads. Jika Anda ingat bahwa contoh pertama permintaan pencarian di atas, Google hanya menampilkan beberapa iklan. Terkadang, Google bahkan tidak repot-repot menempatkan iklan, karena telah melihat dari eksperimennya bahwa pengguna tidak mengkliknya untuk jenis pencarian tersebut.

    Tetapi dengan kueri lain, orang mengklik iklan. Perbedaan antara permintaan pencarian ini bukan rahasia, Google tahu itu dan begitu juga pesaing Anda.

    Jika Anda melakukan penelitian kata kunci untuk SEO, banyak waktu dihabiskan untuk menemukan kata kunci yang akan memungkinkan Anda untuk menangkap permintaan pencarian informasi ini.

    Tetapi dalam apa yang berikut, saya akan melewatkan bagian itu dan fokus pada permintaan pencarian orientasi dan transaksional. Langkah 1: Menemukan Kata Kunci Benih Anda

    ⏱ Waktu yang dibutuhkan untuk langkah ini: 30 menit – 1 jam

    Dengan semua latar belakang itu, kita bisa (akhirnya!) memulai penelitian kata kunci.

    Untuk memulai, Anda harus menghasilkan beberapa tebakan untuk kata kunci yang relevan, ini akan menjadi kata kunci benih Anda.

    Lihatlah situs Anda sendiri dan perhatikan judul halaman, kategori, nama produk atau merek. Lihatlah teks yang Anda gunakan dalam navigasi Anda.

    Yang paling mudah mungkin adalah frasa yang menggambarkan kategori tempat Anda berada.

    Jika Anda menjual merek Anda sendiri atau pihak ketiga, kata kunci benih Anda akan mencakup kombinasi dari ini: merek dan merek + produk.

    Untuk toko saya sendiri (yang menjual poster ruang angkasa) saya datang dengan yang berikut:

    • Poster ruang angkasa
    • Poster bulan
    • Poster NASA
    • Poster Spacex
    • Poster Mars

    Jika toko Anda telah siap untuk sementara waktu, Anda dapat membuka Search Console dan melihat apakah Anda dapat menemukan kata kunci yang menarik dalam laporan Kinerja:

    Laporan-laporan ini akan sering menunjukkan kata kunci baru yang menarik, jadi pastikan untuk melihat-lihat!

    Cara Mencuri Kata Kunci Pesaing Anda yang Paling Penting

    Jika Anda tidak tahu tentang kata kunci benih Anda h, Anda selalu dapat menuju ke situs pesaing Anda. Cukup colokkan kata kunci teratas Anda ke Google dan pergi melalui 2 atau 3 dari situs yang peringkat baik untuk mereka.

    Yang terbesar mungkin telah melakukan pekerjaan rumah mereka atau menghabiskan $ $ $ untuk konsultan SEO untuk mendapatkan hak ini.

    Berikut adalah salah satu situs terbesar di ruang poster: Allposters.com

    Saya menemukannya melalui Pencarian Google untuk "poster ruang angkasa".

    Melihat remah roti dari halaman tempat saya mendarat, saya dapat melihat bahwa Space mungkin bukan kategori besar bagi mereka, karena gIt dikelompokkan dalam kategori "mata pelajaran lain".

    Dari halaman navigasi dan kategori mereka, saya dapat melihat banyak kata kunci lain dengan potensi:

    • poster astronot (termasuk nama yang paling terkenal)
    • Poster pesawat ruang angkasa Apollo
    • Poster Cassini
    • Poster stasiun luar angkasa internasional
    • Poster penjelajah Mars
    • Poster pesawat ulang-alik
    • Poster eksplorasi ruang angkasa
    • dll.

    Inilah yang akan kita lakukan dengan mereka.

    Mungkin satu-satunya alat yang benar-benar Anda butuhkan untuk penelitian kata kunci adalah spreadsheet. Jadi di situlah saya akan mengatur semua informasi saya.

    Saya telah menambahkan semua kata kunci saya sendiri dan dari penelitian pesaing saya ke lembar pertama:

    Pastikan untuk mengambil versi lembar kerja ini 👇
    Langkah 2: Bawa alat kata kunci

    Sekarang kita memiliki kata kunci benih kita, sekarang saatnya untuk melihat apakah mereka masuk akal.

    Kami akan melakukannya dengan menggunakan beberapa alat penelitian kata kunci. Ini akan memberi kita volume pencarian dan alternatif menarik seperti sinonim atau kata kunci terkait.

    Sekarang pertanyaan yang ada di pikiran semua orang: alat kata kunci mana yang harus Anda gunakan?

    Rekomendasi default saya selalu menjadi Perencana Kata Kunci Google Ads sendiri.