SEO Untuk Situs Web Marketplace : Tips & Taktik pada tahun 2022

Jika ya, bagaimana cara memulai dengan SEO untuk situs web Marketplace?

Itu adalah dua pertanyaan paling umum yang ditanyakan setiap pemilik situs web multivendor, mungkin karena betapa kompetitifnya pasar online.

Sebelum kita menyelami teknis SEO untuk situs web pasar, masuk akal untuk terlebih dahulu menjelaskan apa itu situs web pasar dan juga menyoroti perbedaan antara pasar dan situs web eCommerce.

Apa itu SEO untuk Situs Web Marketplace?

Dari pengalaman pribadi saya sebagai pemilik pasar online, salah satu pentingnya optimasi mesin pencari (SEO) untuk pasar adalah peningkatan kualitas situs Anda untuk meningkatkan visibilitasnya untuk pencarian yang relevan dan lalu lintas organik ke situs web Anda dari mesin pencari.

Ada 4 bagian untuk SEO modern untuk situs web pasar yaitu:

  • SEO teknis

SEO teknis adalah tindakan meningkatkan aspek teknis dari sebuah situs web untuk meningkatkan posisi peringkat halaman-halamannya di mesin pencari.

Komponen teknis utama dari situs web pasar yang harus dioptimalkan untuk SEO adalah kecepatan, URL situs, pembaruan perayapan, respons situs web, markup data terstruktur, dll.

  • On-Page SEO

ON-PAGE SEO adalah tindakan meningkatkan elemen on-page dari sebuah situs web untuk meningkatkan peringkat halaman situs di SERP.

Situs web pasar dengan SEO on-page yang kurang dioptimalkan akan sulit untuk menentukan peringkat untuk kata kunci di SERP.

Beberapa faktor SEO on-page yang paling penting adalah judul halaman, kepadatan kata kunci, pengalaman pengguna, pengoptimalan konten, pengoptimalan alt gambar, dll.

  • Off-Page SEO

SEO off-page adalah tindakan membangun reputasi situs web vi link building, kutipan, PR, dan media sosial.

Bahkan, optimasi mesin pencari off-page dianggap sebagai faktor peringkat yang paling penting oleh Google.

  • Optimalisasi Konten

Optimasi Konten pernah mendengar frasa "konten adalah raja"? Konten telah menjadi pilar keempat SEO.

Pengoptimalan konten hanya mengacu pada bagaimana konten Anda terstruktur dan kepadatan kata kunci Anda.

Konten situs web dapat menjadi posting blog sederhana, video, podcast, animasi, infografis, dll.

Apa asal-usul SEO untuk situs web pasar?

Sejak belanja online ditemukan pada tahun 1979 oleh Michael Aldrich, tujuan dasarnya sama; Menghubungkan pelanggan ke produk online dengan kecepatan luar biasa.

Kita hidup di dunia yang serba cepat dan satu-satunya cara untuk tetap berada di depan persaingan setiap saat adalah jika pelanggan dapat menemukan produk Anda dengan sangat cepat.

Kebutuhan ini sama untuk setiap bisnis online dan apa yang dilahirkan SEO untuk situs web pasar.

Pelanggan harus dapat menemukan produk Anda sebelum mereka dapat membelinya dan mesin pencari adalah cara utama yang digunakan pelanggan untuk menemukan produk secara online.

Bagaimana SEO Untuk Situs Web Marketplace Bekerja?

Optimisasi mesin pencari bekerja sedikit berbeda di situs web pasar multivendor.

Ini karena halaman web dibuat secara dinamis.

Oleh karena itu, penjual di situs multivendor seringkali diberi mandat untuk mengikuti beberapa pedoman ketat sambil menambahkan produk ke situs web.

Beberapa bidang penting yang harus ditambahkan selama pembuatan produk adalah:

  • Judul Produk – yang juga dapat mewakili judul halaman.
  • Gambar produk – sebagian besar platform multivendor tidak akan mempublikasikan produk apa pun dengan kurang dari 7 gambar.
  • Deskripsi produk – deskripsi produk komprehensif yang dapat berfungsi ganda sebagai deskripsi SEO halaman. Banyak situs multivendor akan mengamanatkan penjual untuk menambahkan deskripsi produk dengan setidaknya 500 karakter.
  • Setelah informasi ini ditambahkan, secara dinamis diberi makan dan dioptimalkan ke dalam properti halaman.

    Apa itu situs multivendor atau marketplace?

    Singkatnya, situs web Multivendor atau Marketplace adalah platform online di mana beberapa vendor berkumpul untuk menjual produk dan layanan mereka.

    Contoh situs multivendor adalah Amazon dan Aliexpress.

    Pada dasarnya, semua vendor harus terdaftar di situs web untuk menjual produk mereka.

    4 Cara Mudah Mengoptimalkan Situs Web E-Commerce

    Sangat penting hari ini bagi situs web pasar online Anda untuk peringkat teratas di mesin pencari.

    Untuk mewujudkannya, ada hal-hal tertentu yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan dalam SEO Anda untuk situs web pasar.

    • Penelitian Kata Kunci

    Dalam optimasi mesin pencari, Anda tidak dapat mengecilkan pentingnya kata kunci. Penting untuk memahami kata kunci mana yang terbaik untuk peringkat organik.

    Daripada menggunakan kata kunci ekor pendek, lebih cocok untuk menggunakan kata kunci ekor panjang. Ini memberi Anda kesempatan lebih tinggi untuk peringkat.

    Kata kunci ekor pendek biasanya antara satu dan dua kata. Mereka sangat kompetitif dibandingkan dengan kata kunci ekor panjang yang biasanya antara 3-5 kata.

    Kanibalisasi kata kunci juga merupakan masalah besar dalam aplikasi kata kunci. Ini terjadi ketika Anda menggunakan kata kunci yang sama di lebih dari satu halaman di situs web Anda.

    Ini berarti Bahwa Anda memiliki halaman duplikat di situs web Anda mencoba untuk peringkat untuk posisi yang sama. Kelemahan dari ini adalah bahwa hal itu melemahkan peluang Anda untuk peringkat dan mengurangi lalu lintas.

    • Optimalkan Situs Web Anda untuk Kecepatan

    Ini adalah faktor SEO teknis. Situs web e-commerce yang khas harus memiliki kecepatan pemuatan harus memastikan situs web Anda tidak membutuhkan waktu lebih dari 3-4 detik untuk dimuat.

    Sebagian besar pengunjung tidak cukup sabar untuk menunggu begitu lama untuk memuat halaman Anda. Setelah begitu banyak waktu terbuang, mereka keluar dari situs web Anda dan beralih ke yang berikutnya.

    Ini menarik situs web Anda ke halaman SERP ketika menjadi kejadian biasa.

    • Pastikan Situs Web Anda Responsif Seluler

    Ini berarti bahwa itu harus secara otomatis dapat menyesuaikan ukuran layar perangkat yang digunakan untuk mengaksesnya.

    Banyak orang berbelanja di ponsel mereka dan Anda tidak ingin membuat proses sibuk bagi mereka.

    • Pastikan Anda Menambahkan Ulasan Produk

    Ini adalah faktor peringkat SEO lokal yang penting dan dapat menjadi faktor RKPT penting ketika melakukan SEO untuk situs web pasar.

    Banyak pelanggan cenderung membeli dari Anda ketika mereka melihat komentar positif dari pelanggan lain.

    Sekali lagi, mereka kemungkinan besar akan merujuk teman-teman mereka untuk melakukan pembelian. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkan ini.

    Perbedaan antara e-commerce dan situs web multi-vendor?

    Situs web eCommerce dan pasar sangat mirip, namun, berbeda.

    Perbedaan antara keduanya terletak pada ukuran produk dan jumlah vendor aktif di setiap platform.

    Ada tiga perbedaan utama antara situs web pasar dan toko eCommerce.

  • Situs web eCommerce pada dasarnya untuk satu penjual sementara situs web multivendor dapat memiliki ribuan penjual.
  • Situs web eCommerce biasanya memiliki inventaris produk yang lebih kecil daripada situs web multivendor terutama karena semakin banyak penjual, semakin banyak barang dalam inventaris.
  • Kompleksitas – situs web eCommerce biasanya kurang kompleks dalam desain dan operasi dibandingkan dengan situs web multivendor.
  • 11 Jenis SEO Umum untuk Situs Web Marketplace

    SEO untuk situs web pasar menjadi mudah setelah Anda tahu jenis elemen apa yang harus dioptimalkan. Di bawah ini adalah 11 jenis SEO umum untuk situs web pasar yang harus Anda ketahui.

    Untuk mendapatkan hasil terbaik, mereka semua harus bekerja bergandengan tangan, yaitu Anda tidak dapat melakukan SEO on-page hanya untuk mengharapkan semuanya baik-baik saja.

    Anda harus menerapkan semua jenis dan strategi bersama-sama.

    • On-page SEO
    • Off-page SEO
    • SEO teknis
    • Markup Skema
    • Kegunaan Seluler
    • UI/UX (Pengalaman Pengguna)
    • Respon Mobile
    • Optimasi Jalur Konversi
    • Kecepatan Situs Web
    • Optimasi Vitals Web Inti
    • Optimalisasi Konten

    Peran Kesehatan Situs Web dalam SEO untuk Situs Web Marketplace

    Kesehatan situs web adalah alat yang membantu Anda memantau bagaimana keadaan situs Anda. Ketika situs web Anda tidak berfungsi dengan baik, itu dapat memengaruhi peringkat situs web Anda.