SEO Negatif: Bagaimana Cara Mencegah dan mengatasi?

SEO Negatif: Bagaimana Cara Mencegah dan mengatasi?

Kita berada di tengah-tengah revolusi digital besar. Semakin banyak bisnis bersaing secara online, dan peringkat pencarian menjadi lebih penting dari sebelumnya. Persaingan di industri SEO meningkat secara signifikan. Dan itu berarti pemasar datang dengan strategi SEO baru dan hacks setiap hari.
Sebelumnya beberapa perusahaan juga telah menggunakan strategi SEO topi hitam yang tidak etis. Tapi, ketika Google bersiap untuk melacak dan menghukum SEO topi hitam, banyak yang terpaksa 'SEO negatif.'


Apakah SEO negatif efektif? Apakah mesin pencari melakukan upaya untuk menghukum praktisi SEO negatif? Bagaimana saya bisa melindungi bisnis saya dari itu?
Mari kita ambil semua pertanyaan Anda selangkah demi selangkah. Baca terus untuk belajar:

  • Apa itu SEO negatif?
  • Apa saja jenis SEO negatif?
  • Bagaimana menemukan apakah situs Anda menderita SEO Negatif?
  • Bagaimana Cara Mencegah SEO Negatif di Situs Web Anda?
  • Apa langkah-langkah yang harus diikuti jika situs Anda menjadi korban serangan SEO Negatif?
  • Pertanyaan Umum tentang SEO Negatif

Apa itu SEO negatif?

Seperti namanya, SEO negatif adalah praktik SEO yang tidak etis. Orang-orang mempraktikkannya untuk merusak peringkat mesin pencari pesaing. Atau ketika mereka ingin mengungguli pesaing mereka atau merencanakan tindakan balas dendam.

Apakah Google mengakui keberadaan dan efektivitas teknik SEO negatif?

Inilah yang dikatakan John Mueller dari Google
"Kami bekerja keras untuk mencegah hal-hal ini menyebabkan masalah. Kami bekerja keras pada algoritma kami untuk mengenali masalah semacam ini dan menangkapnya sebelumnya. Dalam prakteknya, saya jarang melihat masalah di sekitar itu. Ketika saya melihat masalah di mana saya berpikir bahwa mungkin ini dibuat oleh pesaing, maka biasanya tim bersedia untuk melihat ke dalam rincian dan melihat apa yang terjadi di sana dan memastikan bahwa ini bukan masalah yang artifisial menyebabkan masalah untuk sebuah situs web. "

Google juga telah meluncurkan Disavow Tool untuk memungkinkan webmaster untuk memperbaiki SEO negatif.
Namun, pulih dari SEO negatif tidak sederhana, dan alat ini membutuhkan waktu 2 - 10 minggu untuk menawarkan hasil. Dan itu juga, jika tidak ada celah dalam analisis dan pelaporan. Lebih baik melindungi situs web Anda dari SEO negatif daripada memperbaikinya.

Haruskah Bisnis Takut SEO Negatif?

Ya, SEO negatif ada. Dan ada ribuan freelancer dan situs web yang menawarkan layanan SEO negatif. Selain itu, banyak forum SEO topi hitam menampilkan cerita dari orang-orang yang menyediakan dan telah berhasil dalam upaya SEO negatif mereka.

 
Beberapa situs web telah menjadi korban SEO negatif di masa lalu. Dan karena itu, itu adalah sesuatu yang layak anda perhatikan. Plus, memperbaiki SEO negatif di situs web utama Anda menantang dan padat karya.


Menjadi korban SEO negatif membuat Lebih sulit bagi Anda untuk mendapatkan kembali peringkat Anda sebelumnya. SEO negatif juga mempengaruhi reputasi bisnis Anda. Dan ini dapat memiliki dampak signifikan pada potensi konversi dan penjualan Anda.

 
Mari kita beralih ke bagian berikutnya untuk memahami jenis SEO negatif.

Apa saja jenis SEO negatif?

1. Toxic Backlink dan Spammy Anchor Texts

Ini adalah teknik SEO negatif yang paling umum. Orang-orang menggunakan peternakan tautan dan jaringan blog pribadi (PBN) untuk merusak peringkat pesaing.


Link farm adalah sekelompok situs web yang saling terkait satu sama lain untuk menumbuhkan popularitas tautan mereka. Praktisi SEO yang tidak etis menggunakan peternakan tautan sebagai teknik SEO topi hitam sebelumnya. Ini membantu mereka menumbuhkan otoritas domain dan peringkat situs web dalam waktu yang lebih singkat.

 
Namun, setelah algoritma Penguin Google, pada tahun 2012, Google mampu melacak pertanian tautan. Dan itu mulai menghukum situs web menggunakan link farming dan PBN untuk menumbuhkan DA mereka.


Oleh karena itu, ia bergeser dari teknik SEO topi hitam ke teknik SEO negatif. Orang membayar praktisi yang tidak etis untuk menghubungkan peternakan penghubung ini dengan pesaing mereka.
Misalnya, Anda akan melihat ribuan pembuat tautan di BlackhatWorld yang dapat membangun tautan spam dan PBN dengan sangat cepat.

 
Ratusan freelancer di internet menawarkan link farming layanan SEO negatif. Mereka menggabungkan link farming dengan teks jangkar spam untuk membuat upaya topi hitam terlihat jelas. Dengan demikian, membuat pesaing lebih rentan terhadap penalti mesin pencari.

Bagaimana Cara Melindungi Bisnis Anda terhadap Backlink Beracun?

Anda dapat menerapkan beberapa cara untuk mencegah jenis serangan SEO negatif di atas. Ini termasuk:

a) Melacak Profil Backlink Anda Secara Keseluruhan

Anda dapat memeriksa tautan spam secara manual yang mengarah ke situs Anda menggunakan Ahref atau SEMRush. Ini bisa menjadi proses yang panjang, dan lebih baik menggunakan alat seperti - MonitorBacklinks.com


Alat ini membantu Anda mengatur peringatan email untuk setiap perubahan dalam profil backlink Anda. Ini akan membantu Anda memantau jika backlink baru mengarah ke situs web Anda melalui peringatan email.


Setelah membuat akun di alat ini, Anda harus menghubungkannya dengan akun Google Analytics Anda. Anda kemudian dapat mengatur frekuensi atau preferensi peringatan email yang Anda terima.

b) Melacak Lonjakan Yang Tidak Biasa di Inbound Link Anda

Anda dapat memeriksa setiap serangan SEO negatif terkait tautan yang dicoba di situs Anda. Berbagai alat SEO membantu Anda menganalisis profil backlink Anda. Salah satu alat tersebut adalah SEO SpyGlass, yang menawarkan banyak fitur untuk meneliti upaya SEO Negatif.


Fitur penting dari alat ini adalah grafik kemajuan. Anda dapat menganalisis grafik kemajuan backlink Anda dan merujuk domain melaluinya.

 
Ini jelas akan menunjukkan jumlah tautan yang dibuat pada waktu atau periode tertentu.
Sekarang, jika Anda tidak berinvestasi dalam kegiatan membangun tautan yang berat dan Anda melihat puncak yang tidak biasa di tautan masuk Anda, Anda perlu meneliti profil backlink Anda.


Alat SpyGlass SEO yang sama memungkinkan Anda untuk menganalisis backlink dan domain rujukan Anda. Periksa apakah ada tautan spam, dan jika ditemukan, Anda perlu merapikan profil. Tambahkan tautan ini ke file penolakan, dan nanti ekspor file ini untuk mengirimkannya ke alat Penolakan Google.

2. Mengikis Konten Situs Web

Teknik SEO negatif populer lainnya melibatkan pengikis konten situs web dan mewakili konten asli sebagai konten duplikat. Dalam hal ini, mesin pencari memberi peringkat konten yang diindeks terlebih dahulu.


Dalam teknik ini, pengikis menyalin konten situs web Anda segera setelah dipublikasikan. Dan kemudian posting konten segera di situs scraper. Sekarang, jika Google mengindeks konten 'dicuri' terlebih dahulu, situs Anda dipesan untuk duplikasi konten. Ketika Google meluncurkan pembaruan Panda untuk menghukum konten duplikat, itu tidak memberi peringkat pada situs Anda.
Ini akan mempengaruhi kekuatan dan otoritas peringkat situs web Anda, sehingga menyabotase peringkat Anda.

Bagaimana Cara Melindungi Bisnis Anda dari Teknik Scraping dan Memalsukan Konten Duplikat?

Ada beberapa alat pemeriksaan plagiarisme yang tersedia secara online. Salah satu alat yang populer adalah Copyscape, yang memungkinkan Anda untuk memeriksa apakah seseorang telah mencuri konten situs web Anda.

 
Anda cukup menambahkan URL halaman konten Anda yang ingin Anda periksa untuk pencurian konten. Jika Anda menemukan bagian yang dicuri, cobalah untuk terhubung dengan webmaster dan minta mereka untuk menghapusnya. Jika Anda tidak menerima respons yang valid, laporkan melalui laporan pelanggaran hak cipta Google.


Anda dapat melakukan praktik ini secara teratur dan kapan pun Anda mempublikasikan konten baru. Ini juga akan membantu Anda memastikan bahwa tim konten Anda tidak mengikuti praktik yang tidak etis. Seringkali, penulis yang Anda sewa dapat menghasilkan konten duplikat untuk bisnis Anda. Dan itu dapat secara signifikan mempengaruhi peringkat Anda.