Cara Mengoptimalkan SEO On-Page Yang Benar

Memukul peringkat nomor 1 di SERP Google (Halaman Hasil Mesin Pencari)? Sekarang itulah mimpi. Terutama jika Anda baru memulai dan benar-benar dapat menggunakan visibilitas ekstra secara online, tetapi itu berlaku bahkan jika Anda adalah bisnis yang sudah mapan yang telah kehilangan peluang untuk pertumbuhan dan penjualan karena praktik SEO (Search Engine Optimization) yang buruk.

Faktanya adalah, ada faktor peringkat SEO tertentu yang akan membuat atau menghancurkan kesuksesan Anda. Tanpa SEO on-page yang tepat, tidak ada yang akan efektif. Ini adalah strategi pemasaran digital yang sangat penting untuk peringkat dengan mesin pencari. Ini bisa untuk situs web, blog, akun media sosial, dan video Anda.

Dan meskipun kita selalu berbicara tentang Google, mesin pencari juga dapat menyertakan orang-orang seperti Yahoo dan Microsoft Bing. Tetapi ketika datang ke Google, yang sebagian besar dari Anda akan bertujuan untuk peringkat pada, algoritma melihat lebih dari 200 faktor SEO.

SEO bukanlah eksperimen berumur pendek, ini adalah proyek jangka panjang yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menghasilkan hasil yang bermanfaat. Tetapi ketika itu terjadi, Anda akan tahu persis mengapa itu bernilai setiap ons usaha awal. Anda akan mulai menghasilkan lalu lintas dan prospek organik gratis, langsung ke corong penjualan Anda!

Umumnya, ada beragam hal yang termasuk dalam faktor SEO untuk peringkat Google, termasuk domain, backlink, pengalaman pengguna, sinyal merek, faktor on-page, dan off-page, tetapi artikel ini adalah tentang belajar bagaimana memulai dengan optimasi mesin pencari on-page untuk lalu lintas organik.

Dan sementara telah terjadi peningkatan fokus pada teknik SEO off-page (misalnya link-building), tidak ada yang akan melakukan Anda baik jika Anda tidak memperhatikan dasar-dasar SEO on-page. Apa itu ON-Page SEO?

SEO on-page adalah semua langkah yang harus Anda ambil untuk memberi tahu Google tentang posting atau halaman Anda, dan istilah pencarian apa yang harus muncul di SERPs. Ada juga beberapa hal yang dapat Anda lakukan di halaman yang dapat membantu Anda untuk peringkat lebih tinggi untuk istilah-istilah dengan mengurangi rasio pentalan Anda, meningkatkan rasio klik-tayang Anda, meningkatkan waktu tinggal Anda, dll.

Ini semua penting untuk diketahui ketika menerbitkan segala bentuk konten digital secara online, karena membantu mesin pencari memahami situs web Anda dan isinya – secara harfiah, apa yang ada di halaman Anda – serta mengidentifikasi apakah itu relevan dengan permintaan pencari.

Ketika mesin pencari menjadi lebih canggih, ada fokus yang lebih besar terhadap relevansi dan semantik di SERPS. Google, dengan sejumlah besar algoritma yang kompleks, sekarang jauh lebih baik dalam memahami apa yang sebenarnya dicari pengguna ketika mereka mengetik kueri, dan memberikan hasil pencarian yang memenuhi maksud pengguna (informasi, belanja, navigasi).

Beradaptasi dengan perubahan yang berkembang ini sangat penting untuk visibilitas konten online Anda, dan meskipun itu bisa menjadi pekerjaan penuh waktu untuk mengikuti semuanya (dan tentu saja!), Ada beberapa langkah dasar yang dapat Anda ambil untuk memastikan bahwa situs web atau halaman Anda paling dioptimalkan.

Ini berlaku untuk apa yang terlihat oleh pengguna di halaman web Anda, seperti teks, gambar, video, atau audio, dan semua elemen yang hanya terlihat oleh mesin pencari, seperti tag HTML dan data terstruktur.

Strategi SEO on-page akan sangat meningkatkan otoritas situs web Anda, dan kontrol paling besar yang Anda miliki atas itu adalah membuat situs web Anda "ramah mesin pencari." Hal ini diperlukan agar mesin pencari menemukan situs web Anda dan mengindeksnya, serta menyediakan mesin pencari dengan informasi yang dibutuhkan untuk mengetahui tentang apa situs web Anda. Oleh karena itu mengapa SEO on-page sangat bergantung pada kata kunci.

Jadi, untuk tujuan SEO on-page untuk pemula, mari kita memecahnya menjadi dua kategori utama: Penelitian Kata Kunci dan Optimasi Situs Web.

Kata kunci mewakili "kata pemicu" yang akan menarik situs web Anda dalam pencarian. Ini adalah cara di mana topik diindeks dalam bentuk digital. Ketika Anda mengetik pencarian ke Google, Anda memasukkan istilah pencarian, atau kata kunci, yang akan mengambil informasi yang Anda cari.

Ini berarti Anda dapat memaksimalkan hasil dan konversi di halaman web Anda hanya dengan menargetkan istilah / kata kunci pencarian tertentu. Ketika kita berbicara tentang "penargetan" kata kunci atau "mengoptimalkan" untuk kata kunci, itu berarti menggunakan istilah pencarian atau frasa tertentu dengan berbagai cara di halaman web Anda.

Untuk memulai, Anda dapat berpikir lebih seperti pengguna, seolah-olah Anda adalah orang yang mencari informasi, daripada pemasar atau pembuat konten. Ingat, tujuan Anda dalam mencoba memberi peringkat di mesin pencari adalah untuk mengarahkan lalu lintas organik ke situs Anda, dari SERP. Kata kunci yang Anda pilih untuk ditargetkan pada halaman web tertentu adalah apa yang akan menentukan apakah Anda mendapatkan lalu lintas atau tidak – atau bahkan jenis lalu lintas apa yang Anda dapatkan. Pertimbangkan untuk menargetkan solusi, hal-hal seperti "ulasan", "perbandingan", atau "membeli":

  • Cara membuat situs web e-commerce gratis
  • Perbandingan antara GrooveKart dan Shopify
  • Ulasan tentang pembangun toko e-commerce teratas

Seperti yang dapat Anda bayangkan, semakin luas kata kunci yang Anda optimalkan, semakin kecil kemungkinan Anda untuk berhasil di SERP. Misalnya, jika Anda mencari "hotel terbaik di Italia," Anda akan segera melihatnya adalah frase kata kunci yang sangat kompetitif - dengan beberapa nama industri besar di halaman pertama SERPs (booking.com, tripadvisor, travelandleisure, dll.).

Ada banyak psikologi di balik penelitian kata kunci, dan Anda akan sering mendengar orang berbicara tentang alat Penelitian Kata Kunci, seperti Ahrefs atau SEMRush. Banyak pakar SEO merekomendasikan penggunaan alat kata kunci untuk menemukan kata kunci yang paling populer, serta berapa banyak orang yang mencarinya (di antara data lainnya). Tetapi kenyataannya adalah, Anda tidak perlu rekomendasi untuk alat SEO. Mereka semua bekerja kurang lebih sama, dengan hasil yang kurang lebih sama. Pilih mana yang paling Anda sukai! Bahkan, beberapa praktisi SEO tidak percaya mereka benar-benar akurat.

Sesuatu yang menarik adalah Anda bahkan dapat melihat Google Trends, yang menganalisis popularitas permintaan pencarian teratas. Anda tidak perlu membayar mahal untuk kata kunci dan alat SEO, Anda dapat meningkatkan lalu lintas dengan melakukan hal berikut: Cara terbaik untuk menemukan kata kunci adalah langsung ke Google.com. Buka browser Anda, pergilah ke mesin pencari, dan mulailah mencari!

1. "Saran Google" membuat penelitian kata kunci mudah

  • Lihatlah saran isi otomatis saat Anda mengetikkan kata kunci ke dalam kotak pencarian
  • Tambahan, pencarian terkait dapat ditemukan di bagian bawah

2. "Kata kunci ekor panjang" adalah taruhan terbaik Anda

  • Memilih frasa pencarian yang lebih panjang
  • Ini lebih bertarget dan lebih spesifik daripada kata kunci yang luas.
  • Orang sering mengajukan pertanyaan dalam kalimat lengkap, terutama ketika menggunakan Siri / Alexa.

3. Targetkan satu kata kunci utama per halaman

  • Gunakan dalam slug URL, deskripsi meta, tag alt gambar, header, dan konten tubuh

4. Jangan terhalang oleh beberapa kompetisi

  • Pesaing sejati Anda lebih sedikit dari yang terlihat
  • Temukan potensi kata kunci Anda dengan perintah allintitle (allintitle:keyword)

Tip berguna terakhir adalah menghindari "kanibalisasi kata kunci," yang berarti bahwa Anda menargetkan istilah tertentu di beberapa halaman di situs Anda dan karena itu beberapa halaman peringkat untuk kata kunci yang sama - dan yang memiliki konsekuensi negatif untuk SEO Anda. Dengan kata lain, Google tidak menyukainya.

Hal lain yang tidak disukai Google adalah "isian kata kunci," yang dianggap sebagai spam. Ketika Anda mencoba untuk permainan sistem (itu bekerja kembali pada hari tampaknya, tetapi tidak lagi) dengan menempatkan kata kunci di mana-mana di seluruh halaman Anda, membuat konten Anda terdengar tidak wajar dengan pengulangan.

Cukup membuat konten demi menempatkan kata kunci di mana-mana tidak akan berhasil. Anda menulis, pertama dan terutama, konten untuk orang - bukan algoritma - oleh karena itu konten harus berkualitas tinggi, substansial, dan relevan.

Semakin banyak halaman yang Anda targetkan kata kunci, semakin baik Anda akan menentukan peringkat untuk kata kunci itu ...? Tidak benar! Optimasi Situs Web untuk SEO On-Page

Sebelum berangkat dan membuat konten baru, lihatlah konten Anda yang ada. Ketika datang ke optimasi situs web, Anda dapat meningkatkan visibilitas situs Anda dengan kembali dan mengaudit halaman yang ada. Dan kemudian terus menerapkan teknik yang sama dalam konten masa depan, tentu saja.

Mulailah dengan mengidentifikasi apakah informasi dalam konten Anda masih akurat atau sudah usang, dan kemudian tentukan jenis konten apa yang berfungsi. Anda bahkan dapat menyegarkan dan membuat halaman web Anda lebih menarik dengan menambahkan atau memperbarui gambar. Dan ketika datang ke gambar, itu sebenarnya tempat yang bagus untuk mengoptimalkan situs web Anda dari awal, tetapi kita akan membahasnya nanti.

Secara keseluruhan, ada dua dasar-dasar situs web yang ramah SEO yang harus Anda ikuti saat membangun halaman: